BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday, 14 October 2015

Morfologi & Klasifikasi Tanaman jagung Lengkap (Prakarya dan Kewirausahaan)


  •   Asal tanaman jagung
       Berdasarkan temuan genetik, antropologi, dan arkeologi diketahui bahwa tanamanjagung berasal dari Amerika Tengah (Meksiko bagian selatan). Di daerah ini pembudidayaan tanaman jagung sudah ada sekitar 10.000 tahun yang lalu, dan teknologi itu dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7000 tahun yang lalu, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4.000 tahun yang lalu.

1. Akar

       Akar jagung tergolong akar serabut dapat tumbuh pada kisaran 2 m. Pada tanaman yang sudah cukup dewasa muncul akar adventif .

2. Batang jagung

       Batang jagung berbentuk  tegak dan mudah terlihat, sebagaimana sorgum dan tebu, namun tidak seperti padi atau gandum. Batang beruas-ruas. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku.

3. Daun

       Daun jagung berbentuknya memanjang. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut. Stomata pada daun jagung berbentuk halter,. Setiap stomata dikelilingi sel-sel epidermis berbentuk kipas.

4. Bunga

       Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah, dalam satu tanaman ,Tiap kuntum bunga memiliki struktur khas bunga yang disebut floret. Pada jagung, dua floret dibatasi oleh sepasang glumae, Bunga jantan tumbuh di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga (inflorescence). Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. sedangkan Bunga betina tersusun dalam tongkol.

5. Tongkol.
    
       Tongkol tumbuh dari buku, di antara batang dan pelepah daun, meskipun memiliki sejumlah bunga betina, Pada umumnya satu tanaman hanya dapat menghasilkan satu tongkol produktif, Buah Jagung yang siap panen Beberapa varietas unggul dapat menghasilkan lebih dari satu tongkol produktif, dan disebut sebagai varietas prolifik. Dan bunga jantan jagung memerlukan waktu 2-5 hari  untuk penyerbukan lebih cepat daripada bunga betinanya.



  •  Ciri dan Umur Panen
Ciri jagung yang siap dipanen adalah:
  1. Umur panaen adalah 86-96 hari setelah tanam 
  2. Jagung siap dipanen dengan tonkol atau kelobot mulai mengering yang ditandai dengan adanya lapisan hitam pada biji bagian lembaga.
  3. Biji kering, keras dan mengkilap, apabila ditekan tidak membekas.

  •     Klasifikasi tanaman jagung
  •     Kerajaan: Plantae
  •     (tidak termasuk) Monoc
  •     (tidak termasuk) Commelinids
  •     Ordo: Poales    Famili: Poaceae
  •     Genus: Zea
  •     Spesies: Z. mays.

No comments:

Post a comment