BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Sunday, 22 November 2015

Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan tema Lingkungan / Remaja dalam menjaga Lingkungan

      Hai sobat semua, di malam minggu ini saya akan berbagi pidato Bahasa Indonesia dengan tema LINGKUNGAN /  REMAJA DALAM MENJAGA LINGKUNGAN, pidato ini sebenernya pernah saya gunakan untuk Ujian Praktek kelas 9, dan mungkin hasilnya cukup memuaskan, dapat nilai 95,hehe, alhamdulillah..., eits.. tapi ga semudah itu . kita harus telaten menghafalkannya, dan mental juga harus siap untuk meraih nilai maksimal, tapi kalo di pidato jika materi nya tidak menarik, audiens pun akan bosan mendengarnya, nah.. mungkin ini nih solusinya, silahkan disimak baik – baik pidato yang saya buat..



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

       Alhamdulillahirobbil'alamin wassolatuwassalamu'ala asyrofil anbiya iwalmursalin sayyidina wamawlana muhammadin wa'ala alihi wasohbihi ajma'in ama ba'du
Yang terhormat Bapak Budiarto, S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia dan teman – teman kelas 9 D yang saya sayangi.

      Pertama – tama marilah kita panjatkan puja & puji syukur kehadirat Alloh SWT. Karena dengan nikmat & rahmat-Nya kita dapat berkumpul di kelas ini dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa kita dari zaman unta sampai ke zaman honda seperti sekarang ini.
       Teman – teman, ada pepatah mengatakan, tak dikenal maka tak disayang. Oleh karena itu perkenalkan nama saya Rivan Nurgunawan dari kelas 9D akan membawakan sebuah pidato dengan tema :

“PERAN REMAJA DALAM MENJAGA LINGKUNGAN”


Teman – teman yang saya sayangi.

        Remaja adalah sosok yang memiliki usia masih tergolong sangat muda. Sebuah usia yang potensial dalam membangun dan menjaga lingkungan hidup yang kini semakin rusak. Sedangkan lingkungan didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup yang memiliki hubungan timbal balik, serta saling memengaruhi antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, entah apa yang ada sekarang ini, sangat disesali kelalaian yang terjadi menimbulkan dampak negatif bagi banyak pihak.

      Perlu kita sadari bahwa lingkungan merupakan tempat tinggal bagi kita semua umat manusia. Maka dari itu, kita harus menjaga lingkungan kita baik – baik agar bumi menghasilkan keuntungan bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Melestarikan lingkungan merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau kepala negara saja, melainkan tanggungjawab setiap insan di bumi.

Teman – teman yang saya banggakan

      Lingkungan yang bersih dan sehat sangat sulit untuk diciptakan apalagi dipertahankan. Sampah bertaburan dimana – mana membuat lingkungan menjadi jorok dan kotor, penebangan pohon secara liar mengakibatkan kerusakan hutan, ditambah lagi cara hidup manusia yang kini semakin sembrono. Hal – hal inilah yang mengakibatkan kerusakan alam dan bencana dimana – mana. Bukan alam yang menyebabkan semua ini, namun kelalaian dan kecerobohan manusia lah yang mengakibatkan semua ini. Manusia hanya mementingkan diri sendiri, bagaimana bisa kita maju dengan lingkungan yang kotor? Apakah kita hanya akan menonton lingkungan yang semakin jorok ini?
Teman – teman, sadarlah, bahwa lingkungan kita ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya kita rusak maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya.

      Maukah kita melihat alam ini rusak? Pasti jawabannya tidak. Maka dari itu, kita sebagai generasi muda, marilah kita membuat atau langkah walaupun kecil, namun dapat membawa manfaat yang besar bagi lingkungan kita, seperti : selalu membuang sampah pada tempatnya, memelihara tumbuhan di pekarangan rumah, melakukan reboisasi, dan lain sebagainya.
Untuk itu marilah kita menjaga lingkungan dengan cara 3D : Dimulai dari yang kecil, Dimulai dari dri sendiri, Dimulai dari sekarang.
Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau tutur kata yang saya ucapkan. Atas perhatian teman – teman saya ucapkan terima kasih.


Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a comment