BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Thursday, 3 December 2015

Contoh teks deskripsi bahasa Indonesia tentang Museum Nasional / Museum Gajah Indonesia

       Hai teman – teman, selamat malam,siang, atau sore. Kali ini saya akan membagikan pengalaman dan tugas saya yang saya jadikan teks deskripsi lengkap, kali ini saya akan membagikan teks deskripsi tentang Museum Nasional Indonesia,
Mari disimak baik – baik..



MUSEUM NASIONAL

       Museum Nasional Indonesia merupakan museum tertua dan terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Museum Nasional terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, atau tepatnya berada disebelah barat dari tugu monas (monumen nasional). Berdirinya Museum Nasional diawali dengan berdirinya himpunan yang bernama Bataviaasch Genootscahp van Kunsten en Wetenscappen, yang didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 24 April 1778. Salah satu pendirinya, yaitu JCM. Radermacher.

       Museum Nasional dikenal juga dengan nama Museum Gajah, Mengapa disebut museum gajah ? Hal ini disebabkan karena adanya patung gajah pada bagian depan museum.  Patung gajah berbahan perunggu ini merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn dari Kerajaan Thailand (th 1871). Selain patung gajah, pada halaman gedung museum juga terdapat beberapa meriam kuno yang tertata rapi.

      Museum Nasional juga sering disebut Gedung Arca. Hal itu disebabkan karena banyaknya koleksi arca  dari berbagai zaman ada di gedung ini. Meskipun memiliki berbagai macam koleksi arca, namun ada 1 arca yang begitu terkenal disini, yakni Arca Bhairawa. Arca setinggi lebih dari 4 meter ini begitu mencolok berdiri kokoh diantara arca-arca lain yang berukuran lebih kecil. Museum Nasional buka setiap pada pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB  kecuali hari Senin dan libur nasional/keagamaan. Tiket masuk Museum nasional beragam, yaitu    Dewasa: Rp 5.000,- , Anak-anak: Rp 2.000,- , Pengunjung rombongan (min. 20 orang), Dewasa: Rp 3.000,- , Anak-anak (TK-SMA): Rp 1.000, sedangkan Pengunjung Asing (Wisatawan Mancanegara): Rp 10.000,-.

       Museum Nasional memiliki koleksi benda-benda peninggalan sejarah dari seluruh Nusantara. Pada tahun 2006 jumlah koleksi museum nasional sudah melebihi 140.000 buah, meskipun hanya sepertiganya yang dapat diperlihatkan kepada khalayak.Berbagai macam benda kuno dapat ditemukan di museum ini, mulai dari prasasti, arca, hingga kerajinan-kerajinan tempo dulu. Koleksi tersebut dikelompokkan dalam beberapa kategori, antara lain etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda berharga.


       Pengalaman, Saya sudah pernah berkunjung ke museum nasional, menurut saya suasana di museum nasional tenang, gedungnya luas, tempatnya juga bersih dan rapi. Harapan saya semoga bangunan Museum Nasional tetap terjaga, koleksinya bertambah, dan makin banyak pengunjungnya.


Sekian, semoga bermanfaat, terima kasih..

No comments:

Post a comment