BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Sunday, 16 October 2016

Rumah Adat Indonesia dan penjelasannya (tugas kliping)



Assalamu’alaikum sobat Indonesia, bagaimana kabarnya ? semoga baik-baik saja ya. Ya baik, Sudah lama nih saya tidak menulis artikel, banyak tugas.. hehe . nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang Rumah adat yang ada di Indonesia beserta penjelasannya, artikel yang saya tulis ini merupakan rumah adat yang sudah terkenal di Indonesia,  ya…, walaupun hanya sedikit semoga saja bisa membantu.


1.     Rumah Adat Gadang | Rumah Adat Provinsi Sumatera Barat


Rumah Gadang atau Rumah Godang merupakan rumah adat dari suku Minang yang ada di tanah Minangkabau. Rumah adat ini memiliki gaya arsitektur unik dan sentuhan budaya melayu nusantara. Sehingga tidaklah heran apabila menjumpai rumah gadang di beberapa wilayah Malaysia. Sebab masih satu rumun, yakni rumun melayu dan wilayah malaka. Selain itu, rumah adat gadang juga pernah dijadikan gambar pada mata uang logam 100 rupiah. Karena memang rumah adat dari Sumatera Barat ini sangat ikonik dan juga mudah dikenali sebagai representasi dari Indonesia.

2.     Rumah Adat Kebaya | Rumah Adat Provinsi DKI Jakarta
Rumah Kebaya adalah rumah adat yang difungsikan sebagai tempat tinggal. Rumah ini terbuat dari kayu dan berbentuk persegi empat. Umumnya bagian atap sudah terbuat dari genteng tanah liat. Serambi terdapat di bagian depan digunakan sebagai ruang menerima tamu atau tempat bercengkerama.Bagian dalam rumah terdiri atas beberapa kamar. Dapur terletak di bagian belakang rumah. Sementara itu, kamar mandi biasanya terpisah di luar rumah. Halaman rumah cukup luas ditanami berbagai tanaman buah tropis khas betawi. Di belakang atau samping rumah umumnya terdapat kandang hewan ternak.

3.     Rumah Adat Joglo | Rumah Adat Provinsi Jawa Tengah


Rumah adat Joglo berasal dari provinsi Jawa Tengah, yang merupakan rumah adat suku Jawa di bagian tengah dari Pulau Jawa. Rumah adat ini terdiri dari beberaa ruang di dalamnya. Ruangan-ruangan tersebut memiliki fungsi tersendiri. Ada ruang pendopo sebagai ruang tamu terbuka di depan rumah. Ruang pringgitan atau ruang samping sebagai ruang akses masuk dan keluar rumah. Ruang dalem yang merupakan ruang utama di dalam rumah. Ruang sentong berfungsi untuk ruang penyimpanan. Ruang gandok tengen dan gandok kiwo untuk kamar tidur keluarga..

4.     Rumah Adat Gapura Candi Bentar | Rumah Adat Provinsi Bali

Rumah adat Gapura Candi Bentar memiliki bangunan gapura yang menjadi gerbang masuk pada rumah-rumah di Bali. Gapura tersebut memiliki bentuk yang serupa sebagai pembatas sisi kanan dan sisi kiri pintu masuk. Rumah adat bali umumnya memiliki ukiran-ukiran pada dindingnya yang terbuat dari dua bahan alam yaitu batu dan kayu. Bisa dibilang rumah adat Bali adalah rumah di Indonesia yang memiliki nilai seni yang paling tinggi.

5.     Rumah Adat Tongkonan | Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. Bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur. Tongkonan digunakan juga sebagai tempat untuk menyimpan mayat. Tongkonan berasal dari kata tongkon (artinya duduk bersama-sama).

6.      Rumah Adat Honai | Rumah Adat Provinsi Papua
Rumah Honai terbuat dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Honai sengaja dibangun sempit atau kecil dan tidak berjendela yang bertujuan untuk menahan hawa dingin pegunungan Papua. Honai biasanya dibangun setinggi 2,5 meter dan pada bagian tengah rumah disiapkan tempat untuk membuat api unggun untuk menghangatkan diri. Rumah Honai terbagi dalam tiga tipe, yaitu untuk kaum laki-laki (disebut Honai), wanita (disebut Ebei), dan kandang babi (disebut Wamai).
Rumah Honai biasa ditinggali oleh 5 hingga 10 orang. Rumah Honai dalam satu bangunan digunakan untuk tempat beristirahat (tidur), bangunan lainnya untuk tempat makan bersama, dan bangunan ketiga untuk kandang ternak. Rumah Honai pada umumnya terbagi menjadi dua tingkat. Lantai dasar dan lantai satu dihubungkan dengan tangga dari bambu. Para pria tidur pada lantai dasar secara melingkar, sementara para wanita tidur di lantai satu.

terima kasih
semoga bermanfaat.
 

No comments:

Post a comment