BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday, 9 May 2018

Pengalaman Tes Psikotes PT.Showa



      Hai Sobat Indonesia, kali ini penulis akan membagikan pengalaman tentang seleksi Tes Psikotes di Perusahaan Showa. Baik, langsung disimak ya..
      Pekerjaan memang sebuah hal yang selalu diinginkan oleh setiap orang, apalagi pekerjaan dengan gaji yang besar, siapa yang tidak mau? Pasti semua orang mau. Namun dibalik hal itu semua, gaji yang diterima pasti sepadan dengan proses dan kegiatan kerja yang dilakukan. Nah, proses sebelum bekerja biasanya terdapat berbagai tes yang harus dilalui, salah satunya Tes Psikotes.

      Tes Psikotes merupakan tes yang menganalisa kepribadian dan kemampuan intelektual seseorang, jadi dengan tes ini perusahaan bisa mensurvei calon tenaga kerjanya mempunyai karakter seperti apa sebelum bisa bekerja. Di Indonesia, Tes Psikotes yang dilakukan oleh Perusahaan maupun instansi sangat beragam, hal itu dikarenakan Perusahaan ataupun instansi yang ingin mencari calon tenaga kerja membutuhkan kriteria yang diinginkan sesuai keahlian instansi maupun perusahaan.
Seperti yang telah disampaikan diatas, saya akan berbagi cerita dan pengalaman ketika mengikuti seleksi Tes Psikotes di Perusahaan Showa. Bagi yang belum tahu perusahaan Showa bisa lihat di website PT.Showa yang bisa dicari di internet.

      Saya mengikuti tes ini pada tanggal 22 April 2018, ya baru kemarin memang. Tes tersebut dilaksanakan di sekolah saya, jadi saya tidak perlu jauh jauh keluar kota untuk mengikutinya.
kegiatan pada saat itu yang pertama yaitu pengenalan Perusahaan, dan selanjutnya Tes Psikotes.
Tes Psikotes di Perusahaan Showa memang berbeda dengan perusahaan lain, ya itu memang tergantung perusahaan tersebut. Pada saat tes kami diberikan satu lembar kertas yang berisi soal-soal. Bentuk Soal pertama yaitu tentang matematika dasar tentang fisika dan matematika dasar, jumlah soalnya sekitar 7 soal. 

      Perlu diingat ya teman-teman, Perusahaan Showa lebih mengutamakan kepintaran dalam bidang matematika, karena nanti dalam bekerja, lebih banyak menghitung.( kata HRD PT.Showa)
Kemudian bentuk Soal kedua yaitu mengenai matematika dasar. Ya, memang bentuk soal ini pasti semua orang bisa. Namun, kejadiannya akan berbeda jika dalam pengerjaannya di batasi waktu yang singkat. Jadi dalam mengerjakan tes dengan bentuk soal seperti ini dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk meraih hasil maksimal. Contoh bentuk soalnya seperti dibawah ini



  • Cara mengerjakan soal diatas sangat mudah, caranya yaitu hanya dengan menuliskan bentuk hitung yang sesuai dengan angka diatas. Bentuk hitung (+, -, x, /)

Contoh : Nomor satu terdapat angka 2, 3, dan 6. Untuk kolom yang angka 6 itu hasil dari penghitungan kolom sebelumnya. Dan kolom yang angka 2 dan angka 3 itu angka yang akan dihitung. Maka pada kolom yang ke-empat/kolom kosong itu diberi bentuk hitung. Jadi bentuk hitung yang sesuai pada kolom kosong yaitu x(kali). Karena 2 dan 3 agar menjadi 6 itu harus di x(kali).

Contoh nomor 2 :
di nomor 2 terdapat angka 2, 2 dan 1. Angka 2 dan 2 agar bisa menjadi 1 itu harus dibagi(/). Jadi bentuk hitung yang sesuai dan harus ditulis pada kolom kosong yaitu /(bagi)

Jika penjumlahan dan pengurangan caranya sama, tinggal kita lihat saja angka-angka yang sesuai.
agar lebih jelas bisa dilihat hasilnya seperti dibawah



      Dan perlu diingat ya teman – teman. Tes Psikotes yang dilakukan itu ikuti sesuai perintah dari instruktur. Dan masing – masing instruktur berbeda. Jadi tetap fokus ke instruksi dari instruktur.
Mungkin hanya ini pengalaman saya saat mengikuti Tes Psikotes PT.Showa, untuk teman- teman yang akan mengikuti Tes psikotes di Showa, tulisan diatas bisa menjadi referensi mengenai soal yang akan diberikan. Terimakasih, semoga bermanfaat
dan semoga sukses!!


Salam sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment