BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Saturday, 2 June 2018

Cara agar mudah menghafal materi pelajaran

 
Hai sobat Indonesia, Belajar memang sudah menjadi hal wajib bagi pelajar, apalagi kalo mau ulangan atau ujian, pasti frekuensi belajarnya ditingkatkan. namun, dari pengamatan penulis akhir-akhir ini, anak jaman sekarang cenderung menyukai gadget daripada buku materi yang tebal. sehingga, pengalaman membaca buku bagi anak jaman sekarang akan berkurang dan lebih menyukai membaca materi di gadget ataupun media pembelajaran video. Hal itu memang tidak salah, jaman semakin berkembang dan era teknologi semakin canggih. Dan sebagai pelajar juga harus menegetahui teknologi tersebut, sehingga kedepan tidak akan ketinggalan jaman.

Tapi bukan teknologi yang menjadi masalah, sebagai seorang pelajar juga dituntut untuk menghafal materi sebagai ilmu yang didapat ketika bersekolah. mungkin ada orang yang sangat mudah untuk menghafal, dan ada juga yang sangat sulit untuk menghafal materi. Namun semua hal itu kembali ke cara menghafal-nya, dan kali penulis akan memberikan beberapa cara agar mudah menghafal materi pelajaran

1. Sebelum belajar berdoa dulu

Sebelum melakukan berbagai aktivitas, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar diberikan kemudahan dalam menghafal ataupun belajar

2. Membaca keseluruhan materi

Kemudian bacalah materi yang akan dihafalkan. Usahakan dalam membaca kita fokus dan tenang. agar secara tidak sengaja otak kanan kita akan menghafal beberapa materi yang telah dibaca.

3. Mencatat hal - hal penting

Setelah membaca seluruh materi, selanjutnya menulis hal- hal yang penting dari materi yang telah dibaca. Dalam mencatat hal - hal penting bisa juga dengan cara mind map agar mudah untuk menghafal

4. mengahafal materi 

Selanjutnya ialah menghafal materi. sebenarnya otak kita saat membaca dan mencatat hal penting dari materi itu sudah memasukkan beberapa materi ke otak kanan dan kiri, sehingga dalam jangka waktu tertentu kita masing beberapa materi itu. Dalam menghafalkan, usahakan dalam kondisi yang nyaman, karena sangat berpengaruh pada kondisi kenyamanan. Carilah hal - hal yang membuat nyaman dalam belajar atau menghafal.

5. Pemilihan Waktu

Dalam belajar dan menghafal kita juga harus pandai memilih waktu yang tepat agar mudah untuk dicerna di otak. waktu yang sangat disarankan untuk menghafal ataupun belajar yaitu pada saat pagi hari. Dari Sunnah Rasul dianjurkan belajar sekitar jam 3 pagi, dan itu waktu yang pas untuk menghafal.

6. Mengulang ulang Hafalan

Yang terakhir adalah mengulangi hafalan. agar selalu tertanam dalam pikiran kita hafalan tersebut, setiap waktu kita bisa membaca ulang materi yang sedang dihafalkan.

Ya, itulah beberapa cara agar mudah dalam menghafal, kemampuan orang memang berbeda - beda, tapi dengan kerja keras semua itu dapat diubah. selalulah meminta pertolongan Allah SWT. ketika mendapati kesulitan. Demikian artikel dari penulis, semoga bermanfaat..

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment