BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Sunday, 17 June 2018

Laporan PKL Teknik Gambar bangunan Lengkap (Perencanaan Kusen Pintu dan Jendela pada Pembangunan) by Wisnu K.






LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PERENCANAAN KUSEN PINTU DAN JENDELA
PADA PEMBANGUNAN UPTD PETANAHAN
DI CV. KARUNIA AGUNG


Laporan

Disajikan sebagai salah satu syarat
Untuk mengikuti Ujian Laporan Prakerin






Oleh
Wisnu Kurniaji
Teknik Gambar Bangunan
16090


PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 2 KEBUMEN
2017











HALAMAN PENGESAHAN


Laporan ini telah disahkan oleh pembimbing, di uji oleh penguji, dan di ketahui oleh Ketua Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kebumen, pada:


Hari                 : 
Tanggal           : 
Tempat            :  SMK Negeri 2 Kebumen





Penguji



Zaenal Arifin, S.Pd, M.B.A
NIP. 19750115 200801 1 007
Pembimbing



Umar Khasan, S.Pd
NIP. -


Mengetahui
Ketua Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan



Sugiyono, S.Pd
NIP. 19610818 199003 1 008

 

MOTTO


1.        Awali segala sesuatu dengan bismillah.
2.        “Inna ma’al ‘usri yusroo.”Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.
3.        Apapun yang kamu rencanakan , apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.
4.        Janganlah menunda pekerjaan hingga esok, usahakan selesai secepatnya.
5.        Terus berusaha dan mencoba.
6.        Bertanggung jawab dalam bekerja atau pembelajaran.
7.        Dahulukan kebutuhan dibanding keinginan.
8.        Jika gagal, bangkit lagi.
9.        Selalu berusaha menjadi lebih baik.
10.    Awali perubahan dari hal kecil.
11.    Percaya pada dirimu, lakukan yang terbaik, sekarang.















KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah SWT Sang Penguasa Waktu dan Ilmu atas ijinindah-Nya,sehingga Laporan Praktik Kerja Industriini dapat terselesaikan.Adapun maksud telah disusunnya Laporan Praktik Kerja Industriini untuk memenuhi salah satu syarat di dalam mengikuti Ujian Akhir Nasional SMK Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun bahan-bahan serta data dalam laporan ini penyusun memperoleh selama menjalankan praktik kerja industri di CV. Karunia Agung yang berlokasi di Desa Wajasari, Kec. Adimulyo, Kab. Kebumen. Penyusun menyadari bahwa keberhasilan menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terimakasih kepada:
1.      Drs. Haryoko M.M selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kebumen.
2.      Sugiyono, S.Pdselaku Ketua Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan.
3.      Drs. Aris Budianto Setionegoro, M.Pd selaku pembimbing prakerin.
4.      Umar Khasan, S.Pd selaku pembimbing pembuatan Laporan Prakerin.
5.      H. Mabrur Al-Amin selaku pembimbing prakerin di industri.
6.      Bapak/Ibu guru yang sudah membimbing kami belajar.
7.      Orang tua yang selalu memberi doa dan support.
8.      Rekan-rekan yang selalu membantu dalam bekerja sama.
Dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga perlu perbaikan. Penyusun akan menerima dengan senang hati saran dan kritikan yang sifatnya membangun terhadap laporan ini.


                 Kebumen, 28 September 2017


Wisnu Kurniaji
NIS: 16090











DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ i
MOTTO............................................................................................................ .. ii
KATA PENGANTAR..................................................................................... .. iii
DAFTAR ISI.................................................................................................... .. iv
DAFTAR GAMBAR / TABEL....................................................................... .. vi
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................... .. vii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................. 1
A.           Latar Belakang Praktek Kerja Industri....................................... .. 1
B.            Tujuan ........................................................................................ .. 1
1.        Tujuan Umum...................................................................... .. 1
2.        Tujuan Khusus..................................................................... .. 2
C.            Manfaat....................................................................................... .. 3
1.      Bagi Siswa............................................................................. .. 3
2.      Bagi Sekolah......................................................................... .. 3
3.      Bagi Industri......................................................................... .. 4
BAB IIKEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI..................................... .. 5
A.           Orientasi Industri........................................................................ .. 5
1.        Profil Industri....................................................................... .. 5
2.        Sejarah.................................................................................. .. 6
3.        Bidang Industri.................................................................... .. 6
4.        Sarana dan Prasarana............................................................ .. 7
5.        Permasalahan dalam Industri............................................... .. 7
B.            Teori Dasar.................................................................................. .. 8
1.        Kusen................................................................................... .. 8
1)      Jenis – Jenis Kusen........................................................... 9
2)      Bagian – Bagian Kusen.................................................... 9
3)      Jenis – Jenis Daun Pintu dan Jendela............................... 10
4)      Fungsi Daun Pintu dan Jendela........................................ 10
5)      Menentukan Ukuran Pintu dan Jendela............................ 11
2.        Autocad.................................................................................. 11
C.            Uraian Kegiatan Praktik Kerja Industri......................................... 12
1.        Pelaksanaan Kegiatan............................................................. 12
2.        Alat dan Bahan Kegiatan........................................................ 12
3.        Kegiatan Praktek.................................................................... 13
BAB III PENUTUP............................................................................................ 26
A. Kesimpulan......................................................................................... 26
B. Saran................................................................................................... 26
1.      Bagi Sekolah........................................................................... 26
2.      Bagi Industri........................................................................... 27
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 28
LAMPIRAN....................................................................................................... 29






DAFTAR GAMBAR / TABEL


1.        Gambar 2.1. Bagian – Bagian Kusen.........................................................   10
2.        Gambar 2.2.Job Sheet................................................................................   13
3.        Gambar 2.3.Membuat Layer Kusen...........................................................   14
4.        Gambar 2.4.Membuat Rectangle................................................................   15
5.        Gambar 2.5.Offset objek sejauh 0.05 m.....................................................   15
6.        Gambar 2.6.Offset objek dalam sejauh 0.08 m..........................................   16
7.        Gambar 2.7.Objek yang belum di Explode................................................   16
8.        Gambar 2.8.Objek yang telah di Explode..................................................   17
9.        Gambar 2.9.Offset garis.............................................................................   17
10.    Gambar 2.10.Penggunaan icon trim dan extend........................................   18
11.    Gambar 2.11.Membuat kuping – kuping...................................................   18
12.    Gambar 2.12.Pemasangan kuping – kuping...............................................   19
13.    Gambar 2.13.Membuat angkur...................................................................   19
14.    Gambar 2.14.Pemasangan angkur..............................................................   20
15.    Gambar 2.15.Jendela..................................................................................   20
16.    Gambar 2.16.Membuat rectangle untuk pintu...........................................   21
17.    Gambar 2.17.Offset rectangle....................................................................   21
18.    Gambar 2.18.Perintah explode dan extend untuk mengatur garis..............   22
19.    Gambar 2.19.Offset objek .........................................................................   22
20.    Gambar 2.20.Objek setelah di trim............................................................   23
21.    Gambar 2.21.Offset objek bagian atas.......................................................   23
22.    Gambar 2.22.Arsir objek menggunakan perintah hatch............................   24
23.    Gambar 2.23. Pasang kuping – kuping pada sudut atas kusen...................   24
24.    Gambar 2.24. Buat model daun pintu, dan pasang angkur........................   25
25.    Gambar 2.25. Pintu....................................................................................   25








DAFTAR LAMPIRAN

1.        Lembar Konsultasi dan Bimbingan.................................................... Terlampir
2.        Daftar Hadir Pelaksanaan Praktik Kerja Industri.............................. Terlampir
3.        Jurnal Kegiatan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri.......................... Terlampir
4.        Gambar Kerja UPTD Petanahan........................................................ Terlampir







BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Praktik  Kerja Industri (Prakerin) mengandung pengertian bahwa proses penyelenggaraan pendidikan Kejuruan tidak hanya merupakan program milik SMK dan Departemen Pendidikan Nasional, akan tetapi merupakan program bersama antara SMK dan Dunia Kerja/Dunia Industri.Mengacu pada pedoman teknis pelaksanaan Prakerin dan kurikulum, SMK Negeri 2 Kebumen dalam menetapkan siswa pada program On The Job Training atau lebih dikenal dengan Praktik Kerja Industri (Prakerin) diprioritaskan pada siswa yang menempuh tingkat XI dan tingkat XII.
Hal ini mempunyai tujuan agar para siswa yang akan melaksanakan prakerin telah benar-benar siap untuk terjun langsung melaksanakan kegiatan produksi atau jasa yang sesungguhnya baik di Dunia Usaha dan Dunia Industri yang ditempatkan.Ketika Praktik  Kerja Industri(Prakerin) para siswa mendapat pengalaman secara langsung di lapangan.

B.     Tujuan Praktik Kerja Industri
Mengacu  pada pedoman teknisi pelaksanaan pendidikan sistem ganda dan kurikulum. Praktik kerja industri merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan oleh seluruh siswa SMK. Para siswa dituntut untuk mampu terjun langsung di dunia industri yang sesungguhnya. Selain itu ada tujuan lain, yaitu :
1. Tujuan Umum
a.         Meningkatkan antara hubungan sekolah menengah kejuruan dengan dunia industri agar bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah kejuruan.
b.         Untuk mengetahui dan melatih pemahaman aplikasi ilmu pengetahuan teknik dalam dunia industri atau dunia usaha.
c.         Untuk menambah wawasan mengenai sistim dan proses produksi yang di tetapkan pada industri.
d.         Secara bersama-sama menetapkan langkah-langkah kongrit untuk melaksanakan lebih mantap bentuk dan jenis hubungan kerjasamanya.
e.         Membuat komitmen bersama untuk dijadikan landasan pelaksanaan hubungan kerjasama.
f.          Mengembangkan hubungan kerjasama untuk secara bersama-sama melaksanakan PSG.

2. Tujuan Khusus
a.         Untuk memperoleh gambaran nyata tentang situasi, kondisi dan kebutuhan dunia kerja.
b.         Untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman terutama dalam teknik industri dan usaha.
c.         Melaksanakan proses pembelajaran produktif di dunia usaha atau dunia industri.
d.         Mempelajari lebih dari berwirausaha.
e.         Mengenal kegiatan Dunia Usaha dan Industri.
f.          Melaksanakan proses pembelajaran produktif di
g.         Memperoleh keterampilan tambahan sebagai pelengkap keterampilan yang diperoleh di sekolah.
h.         Mempelajari lebih dalam tentang kewirausahaan.
i.           Berpraktek langsung/melaksanakan pekerjaan yang sesungguhnya di Dunia Usaha dan Industri.




C.    Manfaat Praktek Kerja Industri
1.   Manfaat Bagi Siswa :
a.    Memperoleh ilmu dan pengetahuan serta pengalaman nyata tentang kondisi yang ada di industri.
b.    Sebagai pedoman berinteraksi dalam lingkungan kerja yang sesungguhnya.
c.    Memperoleh bekal keterampilan tambahan sebagai pelengkap keterampilan yang di dapat dari sekolah.
d.    Mengetahui secara langsung perkembangan pembangunan dan dapat menambah wawasan tentang dunia usaha/ dunia industri.
e.    Memberikan bekal tentang perindustrian sebelum terjun ke lapangan kerja secara nyata.
f.     Mengenal cara kerja perusahaan/management secara umum dengan lebih mendalam khususnya mengenai proses produksi tatalaksana yang di lakukan.
g.    Melatih pemahaman tentang aplikasi pengetahuan teknik yang di terapkan di industri.

2.   Manfaat Bagi Sekolah :
a.    Mengetahui tingkat keberhasilan dalam penerapan ilmu dengan aplikasi yang nyata di dunia industri.
b.    Memperoleh gambaran tentang perusahaan sebagai bahan informasi untuk mengembangkan kurikulum yang ada.
c.    Dapat mengetahui kolerasi ilmu yang di berikan di bangku Sekolah  Menengah Kejuruan (SMK) dengan kondisi industri atau usaha secara nyata.
d.    Terjalin kerja sama yang baik dalam perkembangan teknologi antara pihak sekolah dengan pihak industri.


3.   Manfaat Bagi Industri :
a.    Mendapat masukan yang berharga ketika pembahasan masalah yang terjadi di industri .
b.    Dapat membantu meringankan pekerjaan-pekerjaan yang ada di perusahaan.
c.   Tidak menutup kemungkinan adanya sarana, dari siswa pelaksana PKL yang bersifat membangun sistim yang ada.
d.    Mengenalkan kepada masyarakat melalui kerja sama antara pihak industri dengan sekolah.
e.    Dapat menyaring sumber daya manusia yang berpotensi untuk di tarik kerja di perusahaan.
  





BAB II

KEGIATAN

A.      Orientasi Industri
1.    Profil Industri
Text Box: X

Nama                           :   CV. KARUNIA AGUNG
Status                          :              Pusat                  Cabang.
Alamat                         :   Wajasari, Adimulyo Kebumen
No. Telepon                 :   (0287) 5520300, HP. 081 328 754914
No. IUJK                    :   1-007301-3305-2-0136      Tanggal : 3 Juli 2013
Masa berlaku               :   13 Mei 2017
Instansi pemberi          :    Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan
                                         Penanaman Modal Kabupaten Kebumen
No.  SBU                    :   0124638             Tanggal : 19 Juni 2014
Masa berlaku               :    13 Mei 2017
Instansi pemberi          :    LPJK Provinsi Jawa Tengah

a.       Daftar Pemilik / Pengurus Perusahaaan

No
Nama
No. KTP
Jabatan Di Perusahaan
1.
Khusnul Khotimah
33.0515.xxxxxx.xxxx
Komanditer
2.
Mabrur Al-Amin
33.0515.xxxxxx.xxxx
Direktur

b.      Daftar Personil Perusahaan

No
Nama
No. Ijazah
Keahlian
1.
Khusnul Khotimah
03 OB og 0237287
Administrasi
2.
Thalangal Badrun
01.04.0270
Administrasi
3.
Muslim Mujiyanto
03 OB or 0019278
Tenaga Teknik
4.
Bisri Mustofa
03 OB on 0027202
Tenaga Teknik
5.
Zaenal Abidin
03 OC ou 0034480
Tenaga Teknik

2.    Sejarah
a.    Akte Pendirian
No. Akta
:
18
Tanggal
:
30 Desember 2002
Nama Notaris
:
Francisca Xaveria Lyli Ani, SH

b.    Akte Perubahan Terakhir
No. Akta
:
50
Tanggal
:
26 Juli 2013
Nama Notaris
:
Robert Prayoko, SH, M.Kn

3.    Bidang Industri
CV. Karunia Agung merupakan perusahaaan yang bergerak dalam bidang arsitektural dan struktural.
a.       Bidang Arsitektur
1)      Perumahan dan Pemukiman.
2)      Bangunan – bangunan non perumahan termasuk perawatannya.
b.      Sipil
1)      Jalan dan jembatan.
2)      Drainase dan jaringan pengairan.
3)      Jasa pelaksanaan untuk kontruksi saluran air, pelabuhan, dam, dan prasarana sumber daya air lainnya.
c.       Bangunan Gedung
1)      Jasa pelaksanaan untuk kontruksi bangunan gedung lainnya.

4.    Sarana dan Prasarana
No
Jenis / Merk Type
Jumlah
1.
Kendaraan Roda 4
2
2.
Sepeda Motor
3
3.
Pompa Air
2
4.
Concrete Mixer
2
5.
Pick Up
2
6.
Vibrator
1
7.
Meja Gambar
1
8.
Komputer
2
9.
Printer / Ploter
2
10.
Letering Set
12
11.
Scribber
4
12.
Rapidograph
15
13.
Camera
1

5.    Permasalahan Dalam Industri
1.      Kurang penjelasan dalam pelaksanaan gambar.
2.      Sukar untuk bertanya kepada karyawan di CV. Karunia Agung.
3.      Tidak ada koneksi internet, sehingga sulit untuk mencari hal-hal yang belum diketahui dalam menggambar.
4.      Sulit untuk berkonsultasi tentang gambar.








B.       Teori Dasar
1.        kusen
Kusen adalah salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk membentuk hubungan, baik antara sebuah dinding pasangan bata, beton ataupun kayu dengan pintu atau jendela. Untuk dapat keluar masuk ruangan dari suata bangunan diperlukan lubang, atau tembusan yang harus dengan mudah dibuka dan ditutup yang dinamakan pintu. Oleh karena itu, diperlukan “ibu pintu“ atau kusen dan daun pintu sebagai penutupnya.
Untuk dapat menambah masuknya cahaya siang dan udara segar pada ruangan diperlukan juga jendela dan fentilasi yang dengan mudah dibuka dan ditutup. Jika dalam suatu ruangan diperlukan pertukaran udara segar, dapat ditambah kipas angin atau AC. Disamping keperluan tersebut, pintu dan jendela maupun fentilasi harus mempunyai bentuk yang baik, indah dipandang mata, kuat kontruksinya, dan awet. Untuk memenuhi fungsi sebaik – baiknya, maka disyaratkan jumlah luas pintu dan jendela dari suatu ruangan, minimal  x luas lantai.
Kusen pintu terdiri dari tiang / kusen tempat bergantung daun pintu dengan bantuan engsel pintu ( 3 Buah ). Kusen pintu berukuran 6/12 atau 8/12 untuk pintu rumah, dan 10/14 untuk pintu garasi. Tiang kusen diberi alur atau seponing berukuran minimal 1,5 cm x 4 cm dan 2 cm x 4,5 cm untuk pintu garasi. Sisi belakang tiang kusen yang berhubungan dengan tembok diberi alur kapur untuk mencegah timbulnya lubang celah – celah yang dapat timbul karena bekerjanya kayu – kayu kusen. Dapat dibuat dennagn memahat kayu kusen atau dengan mesin frais.
Untuk memperkokoh kedudukan kusen dalam tembok, digunakan angker diameter 16 mm yang selanjutnya dimasukkan dalam beton dengan campuran 1 : 2 : 3 ( semen : pasir : kerikil ). Kepala kusen tidak diberi alur kapur, karena alur kapur merupakan kantong yang dapat menampung air dan merugikan kayu kepala kusen. Di bagian bawah tiang kusen dipasangg umpak agar tidak berhubungan langsung dengan lantai sehingga tidak rusak dan kotor. Umpak terletak diatas sloof dari beton bertulangg dengan camuran 1 : 2 : 3 ( semen : pasir : kerikil ).
1)   Jenis-jenis kusen :
a.    Berdasarkan Fungsi :
a)    Kusen pintu
b)   Kusen jendela
b.    Berdasakan lokasi :
a)    Kusen dalam
b)   Kusen luar
c.    Berdasarkan bahan yang digunakan :
a)    Kusen kayu
b)   Kusen logam
c)    Kusen beton





1)   Bagian – Bagian Kusen
1.    Tiang (style)
2.    Ambang (dorpel). Pada daun jendela terdapat ambang atas dan ambang bawah, sedangkan pada pintu tidak ada ambang bawah
3.    Sponneng, yaitu tempat perletakan/melekatnya daun pintu atau daun jendela
4.    Telinga, bagian ambang (dorpel) yang masuk/ditanam kedalam tembok yang berfungsi untuk menahan gerakan kusen ke muka atau kebelakang
5.    Alur kapur, bagian dari tiang (style) yang dialur/dicoak dengan fungsi untuk menahan gerakan kusen kemuka atau kebelakang. Selain itu juga agar apabila terjadi penyusutan tidak timbul celah
6.    Angkur, berfungsi untuk memperkuat melekatnya pada tembok dan juga menahan gerakan kesamping dan ke muka/ ke belakang
7.    Duk (neut), dipasang pada bagian bawah khusus untuk kusen pintu yang berfungsi untuk menahan gerakan tiang ke segala arah dan melindungi tiang kayu dari resapan air dari lantai ke atas.



 Gambar 2.1. Bagian – Bagian Kusen

2)   Jenis – Jenis Daun Pintu dan Jendela
a.       Berdasarkan Cara Membuka
a)    Berputar              
b)    Bergeser ( sorong )
c)    Menggulung, dan sebagainya
b.      Berdasarkan Kontruksi
a)    Berkaca
b)    Berpanel
c)    Berkrepyak ( jalusi )
d)    Klam
c.       Berdasarkan Cara Penempatan
a)    Di sisi luar
b)    Di sisi dalam
3)   Fungsi Daun Pintu dan Jendela
a.    Daun Pintu : Sebagai tempat keluar masuknya manusia dan barang.
b.    Jendela        : Sebagai tempat masuknya cahaya matahari

4)   Menentukan Ukuran Pintu dan Jendela
a.         Tinggi Pintu
       Ditentukan berdasarkan tinggi orang normal 1,60 m ditambah tinggi bebas 0,40 sampai dengan 0,60 m.
b.         Lebar Pintu
Ditentukan berdasarkan tempat dan fungsinya :
a)        Pintu KM/WC           : Antara  0,60 m sampai 0,70 m
b)        Kamar tidur              : 0,80 m
c)        Kamar tamu              : 1,00 m sampai dengan 1,20 m
d)        Garasi, gudang          : Tinggi kendaraan ditambah 0,40 s/d 0,60
                                     m.Tinggi minimum 2,50 m. Lebar mini -
                                     mum 3,00 m
c.         Tinggi Jendela
a)    Ruang tidur                 : 0.80 m s/d 1,20 m dari lantai.
b)    Ruang tamu, keluarga : 0,20 m s/d 0,40 m.
c)    Ruang sekolah             : 1,30 mdari lantai.
d.         Ukuran dan Jenis Kayu
a)    Untuk kusen                : 6/12, 8/12, 8/14, 10/15, dsb
b)    Untuk daun dan panil  : 3/10, 3/12, 3/30, 4/30, 2/20. 
Kayu yang digunakan adalah Jati, kamper, bangkirai, merbau, dll
2.        Autocad
       Autocad  adalahsoftware atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menggambar, baik itu 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi. CAD sendiri memiliki arti Computer Aided Design. Program ini di kembangkan oleh Autodesk,Inc, sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Mill Valley,California.
       AutoCAD paling sering digunakan untuk menggambar sipil, bangunan, mesin, design interior, pemetaan, piping diagram dan masih banyak lagi.Secara garis besar, AutoCAD sering digunakan oleh arsitek, engineer, maupun para designer lainnya.Interface yang ringan dengan  pengoperasian yang mudah menjadikan Autocad sebagai software CAD paling terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.





C.      Uraian Kegiatan Praktik Kerja Industri
Menggambar Kusen Pintu dan Jendela
1.      Pelaksanaan Kegiatan
KegiatanPrakerininidilaksanakanpadagelombangketigaselama 2 bulan, mulai tanggal 6 Februari s.d 8 April 2017. Selama melaksanakan Prakerin saya mendapat pengalaman yang tidak saya dapatkan di sekolah. Melalui kegiatan ini, saya dapat menerapkan ilmu yang saya dapatkan di sekolah untuk diaplikasikan ke dunia kerja yang sebenarnya. Karena waktu dan tempat yang terbatas, saya memutuskan untuk menjelaskan mengenai langkah – langkah menggambar kusen pintu dan jendela pada pembangunan UPTD Petanahan.

2.      Alat dan Bahan Kegiatan
Alat yang digunakan untuk melakukan praktek kerja Industri di CV. Karunia Agung antara lain :
a.       Laptop dan Mouse
Laptop dan Mouse adalah alat utama yang digunakan untuk melakukan kegiatan prakerin. Digunakan untuk menggambar setiap tugas yang diberikan oleh pembimbing dan karyawan.
b.      Pensil dan Penggaris
Digunakan untuk mengukur gambar yang tidak terbaca atau gambar yang ukurannya belum tertulis. Beberapa tugas yang diberikan membutuhkan kedua alat tersebut.
c.       Flashdisk
Digunakan untuk mengcopy data yang diberikan oleh pembimbing maupun karyawan yang nantinya akan dikerjakan. Digunakan juga untuk mengumpulkan data yang sudah dikerjakan.

d.      Printer
Digunakan untuk mencetak gambar kerja yang telah selesai dikerjakan.
Bahan yang digunakan untuk melakukan praktek kerja Industri di CV. Karunia Agung antara lain :
a.         Job Sheet (Lembar Kerja)
Job sheet ( lembar Kerja ) diberikan oleh pembimbing PKL untuk dikerjakan oleh siwa prakerin. Biasanya berupa print out atau soft file
b.         Materi
Materi disampaikan secara langsung oleh pembimbing PKL sebelum siswa prakerin memulai pekerjaan atau ketika ada hambatan dalam bekerja.
3.      Kegiatan Praktek
Dalam melaksanakan praktek kerja industry di CV. Karunia Agung cukup berbeda dengan yang dilakukan oleh teman-teman yang lain. Di sini saya sudah dikenalkan dengan proyek yang benar -benar dikerjakan di lapangan pada saat ini.
Gambar Kerja / Job Sheet :
Gambar 2.2.Job Sheet




Langkah Kerja dan Proses Pengerjaan
1)      Menggambar Kusen Jendela
a.    Siapkan alat dan bahan. Pastikan semuanya sudah lengkap dan dalam keadaan baik serta bisa digunakan.
b.    Nyalakan laptop/PC. Setelah itu buka file Autocad yang akan digambar pondasi.
c.    Buatlah layer dengan nama “ kusen ” terlebih dahulu dengan mengklik icon LAYER           ,  kemudian atur layer dengan tebal garis 0,15 dan type garis continuos.


Gambar 2.3.Membuat Layer Kusen
 
d.    Buatlah segi empat menggunakan icon         ( rectangle ) dengan ukuran     72 x 190 cm

Gambar 2.4.Membuat Rectangle

e.    Klik icon offset     ,Setelah itu klik bidang yang akan kita offset dan tarik kedalam, klik 0.05 (dalam satuan meter) lalu tekan Enter.


Gambar 2.5.Offset objek sejauh 0.05 m

f.     Selanjutnya, offset lagi bidang bagian dalam dengan ketebalan 8 cm seperti langkah sebelumnya.


Gambar 2.6.Offset objek dalam sejauh 0.08 m

g.    Pilih icon explode         untuk memisahkan garis, kemudian pilih objek yang terletak paling dalam, lalu tekan Enter.
Gambar 2.7.Objek yang belum di Explode

  

Gambar 2.8.Objek yang telah di Explode

h.      Klik icon offset, kemudian pilih garis yang berada pada posisi bawah dalam, lalu offset garis tersebut dengan ukuran 118 cm, 126 cm, 131 cm, terakhir 139 cm.


Gambar 2.9.Offset garis

i.        Gunakan icon “ trim “         ( untuk memotong objek dengan menggunakan objek lain ) dan icon “ extend “        ( untuk memperpanjang garis ). Lalu hapus garis – garis yang tidak diperlukan.

Gambar 2.10.Penggunaan icon trim dan extend

j.      Buatlah rectangle untuk kupingan dengan ukuran 10 x 6 cm.



Gambar 2.11.Membuat kuping - kuping

k.    Pasang kupingan di setiap sudut kusen.


Gambar 2.12.Pemasangan kuping – kuping

l.      Buat angkur dengan perintah Line dan bentuk seperti gambar dibawah.

Gambar 2.13.Membuat angkur

m.  Lalu tempatkan angkur yang telah dibuat tadi disamping kusen masing - masing 2 menggunakan perintah Copy.


Gambar 2.14.Pemasangan angkur

n.    Selanjutnya beri simbol kaca dan garis Line putus - putus yang menandakan bahwa jendela tersebut dapat dibuka.
Gambar 2.15.Jendela
2)        Menggambar Kusen Pintu
a.         Buatlah rectangle dengan ukuran 90 cm x 270 cm.
Gambar 2.16.Membuat rectangle untuk pintu

b.        Klik icon offset     Setelah itu klik bidang yang akan kita offset dan tarik kedalam, klik 0.05 (dalam satuan meter) lalu tekan Enter.
Gambar 2.17.Offset rectangle

c.    Gunakan perintah explode dan extend untuk mengatur garis.
Gambar 2.18.Perintah explode dan extend untuk mengatur garis

d.    kemudian offset untuk mengatur garis, menjadi seperti di bawah ini. Offset ke atas sejauh 10 cm, 220 cm, dan 225 cm.



Gambar 2.19.Offset objek


e.    Hapus garis – garis yang tidak diperlukan dengan menggunakan perintah trim.
Gambar 2.20.Objek setelah di trim

f.     Offset bagian atas, sejauh 0.08 meter ke dalam. Kemudian gunakan perintah trim untuk memotong garis yang tidak diperlukan.

Gambar 2.21.Offset objek bagian atas

g.    Arsir area umpat / dak menggunakan perintah “ hatch “         Pada kolom swatch pilih ANSI31, klik add pick points, pilih objek, kemudian enter.



Gambar 2.22.Arsir objek menggunakan perintah hatch

h.    Buat kupingan seperti contoh sebelumnya dan tempatkan di sudut kusen. Namun hanya yang dibagian atas saja.
Gambar 2.23. Pasang kuping – kuping pada sudut atas kusen.

i.      Buat model pada daun pintu, kemudian pasang angkur yang telah dibuat tadi.
Gambar 2.24. Buat model daun pintu, dan pasang angkur

j.      Terakhir buat pegangan pintu. Beri simbol bahwa pintu tersebut dapat dibuka dengan perintah line. Trim yang tidak perlu.

Gambar 2.25. Pintu


BAB III

PENUTUP

A.      Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa saya ambil dari prakerin adalah  saya  biasa merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang wirausahawan, karyawan, bagaimana keadaan dunia usaha, atau dunia industri yang sesungguhnya, bagaimana sulitnya mencari uang. Hal ini tentu saja sangat berbeda sekali dengan keadaan siswa disekolah sehingga siswa akan menyadari bagaimana perjuangan orang tua dalam membiayai pendidikan sekolah.
Selama ini siswa hanya dapat menunggu perintah dari guru, tapi dalam dunia industri siswa dituntun bersikap dewasa dan harus aktif bertanya kepada pembimbing yang ada dalam industri. Jika siswa masih saja seperti dari sekolah, maka tidak akan memperoleh ilmu seperti yang diharapkan pihak-pihak sekolah maupun wali murid.
Apabila siswa melaksanakan prakerin di luar daerah dan juga jauh dari orang tua, maka siswa dapat memperoleh pengalaman bagaimana hidup jauh dari orang tua. Sehingga secara tidak langsung akan lebih terlatih sifat kemandiriannya.
B.       Saran
Ada beberapa saran sebagai berikut :
1.      Saran Bagi Sekolah
a.       Agar pembimbing lebih aktif mengontrol siswa yang sedangmelaksanakan prakerin.
b.      Sebelum siswa akan melaksanakan prakerin,sebaiknya pembimbing lebih  memberi arahan tentang apa yang seharusnya dilakukan ketika prakerin dilaksanakan.
c.       Ketika melakukan atau melaksanakan pembekalan harus lebih jelas dan membuat  suasana ketika pembekalan tidak membosankan, karena saat pembekalan banyak siswa yang tidak memperhatikan bapak/ibu guru ketika memberikan pengarahan karena suasana kurang menarik bagi siswa.

2.      Saran Bagi Industri
a.       Tidak membeda – bedakan antara karyawan dengan siswa siswi yang melakukan prakerin.
b.      Agar tempat prakerin lebih memberi arahan ketika siswa siswi sedang melakukan prekerin.
c.       Jangan membeda – bedakan antara siswa prakerin yang satu dengan yang lainnya.









Daftar Pustaka

1.        Tim Kelompok Kerja Pendidikan Sistem Ganda SMK Negeri 2 Kebumen 2016/2017.
2. Sumber Internet


No comments:

Post a comment