BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday, 25 July 2018

Pengalaman Tes Online Pertamina (Tahap Pertama)


           Hai temen - temen, selamat datang di Blog Aku Anak Indonesia. Kali ini penulis akan membagikan pengalamannya mengenai Tes Online di Pertamina. Temen - temen yang sudah lolos tahap screening Administration akan lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu Tes Psikotes Online
Di tahap ini ( Tes Psikotes Online), Pertamina akan memberikan berbagai tes psikotes secara lengkap melalui online. Syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti Tes ini ialah, media pengerjaan Tes seperti Komputer atau Laptop harus memiliki kamera yang masih bisa digunakan dan terhubung koneksi internet yang stabil. Kedua alat dan bahan diatas wajib dipenuhi untuk mengikuti Tes tersebut.

Oke, penjelasan diatas mungkin sedikit memberikan gambaran sebelum temen-temen yang akan mengikuti tes online ini. Kali ini penulis akan menceritakan pengalaman mengikuti Tes Online Pertamina Tahap pertama. Disimak baik - baik ya..

Sebelum ke tahap tes online tahap pertama, sebelumnya penulis sudah lolos pada tahap screening Administration. Penulis menerima informasi dari PT Pertamina untuk melakukan Tes Online pada waktu yang ditentukan. Dan inilah bukti jika penulis lolos tahap screening administration dan lanjut ke tahap Tes Online Tahap pertama.





              Setelah menerima informasi tersebut, penulis mempersiapkan diri untuk menghadapi Tes tersebut. Karena ini pertama kalinya penulis mengikuti Tes Online, jadi agak sedikit bingung apa yang harus dipelajari. Namun setelah cari - cari referensi baik pada Teman - teman maupun internet. Akhirnya penulis menemukan Referensi yang bagus untuk dijadikan materi untuk menghadapi Tes Online ini.
Hal yang harus dipelajari ialah SMART GMA, kalian bisa mempelajarinya di link dibawah.

Link pertama(Numerical)
Link Kedua(Verbal)

Setelah dipelajari, Tibalah waktunya untuk mengerjakan Tes Online tersebut. Penulis melaksanakan Tes tersebut dirumah sendiri dengan menggunakan koneksi internet sendiri. Saat mengerjakan ada beberapa kendala seperti web untuk Tes online tidak tampil-tampil. Penulis saat itu beranggapan  jika koneksi internet sedang tidak stabil. Namun pada akhirnya masalah itu bisa teratasi dan Penulis dapat mengerjakan Tes tersebut dengan baik.

Kemudian, apa saja sih Tes sesungguhnya yang diberkan oleh PT Pertamina pada Tes Online tahap pertamana ini?
Ternyata pada Tes online tahap pertama ini Pertamina tidak main - main dalam memberikan soal.
Pada soal pertama, memang Pertamina memberikan soal yang mudah, namun pada soal yang terakhir Pertamina memberikan soal berbentuk Pauli dengan waktu 1 Jam untuk pengerjaannya. Penulis saat itu juga kaget dalam menghadapinya. ternyata walaupun Tesnya berbasis online, Pertamina tetap memberikan kualifikasi yang ketat untuk mencari calon karyawannya. Tapi alhamdulillah Penulis dapat menyelesaikan soal tersebut sampai selesai, dan tinggal menunggu hasil tes tahap ini yang selanjutnya akan diberikan informasi lagi untuk lanjut ke Tes Online Tahap Kedua

Catatan: Dalam pengerjaan Tes Online ini, koneksi internet harus benar-benar stabil, jujur saja penulis dalam melaksanakan Tes diatas terdapat banyak masalah pada hal koneksi. Penulis pertama menggunakan kartu Indosat, karena halamnnya tidak muncul, penulis ganti dengan kartu Axis, dan hasilnya tidak jauh beda, yang terakhir penulis menggunakan kartu 3(Three). Saran dari penulis, lebih baik gunakan kartu telkomsel atau jaringan wifi id.

Oke temen-temen itulah pengalaman Penulis dalam melaksanakan Tes Online Pertamina (Tahap Pertama). Semoga tulisan diatas dapat dijadikan referensi bagi kalian yang akan menghadapi Tes yang sama seperti diatas. Demikian artikel untuk kali ini ini, tunggu artikel Pengalaman Tes Online Pertamina Tahap Kedua disini ya. Terimakasih sudah berkunjung.
semoga bermanfaat..

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment