BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Tuesday, 10 July 2018

Pengalaman Tes Psikotes PT AISIN INDONESIA


Hai temen-temen, kali ini penulis akan membagikan pengalaman Tes Psikotes di PT Aisin Indonesia. PT Aisin merupakan salah satu perusahaan bonafit di Indonesia. PT Aisin bekerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti AHM.
Dengan label Perusahaan bonafit di Indonesia, untuk bekerja di perusahaan ini pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai tes yang harus dilewati supaya dapat bekerja di Perusahaan onderdil otomotif ini. Dan Salah satu tes yang pasti dilalui yaitu Tes Psikotes. Tes Psikotes memang selalu menjadi pilihan pada setiap perusahaan untuk menyeleksi calon karyawannya. Dengan Tes ini Perusahaan akan mengetahui seberapa baik tingkat intelegensi para calon karyawannya.
Oke, itulah sedikit penjelasan mengenai PT Aisin dan Tes Psikotes. Dan seperti judul postingan ini penulis akan menceritakan pengalamannya  saat Tes Psikotes di PT Aisin. Silahkan disimak ya..

Penulis sebelum mengikuti Tes Psikotes, terlebih dahulu mendaftar dan melengkapi data- data yang diperlukan di BKK SMK N 2 Kebumen. Setelah dilakukan pengecekan data - data oleh pihak perusahaan, selanjutnya penulis diberikan informasi oleh pihak BKK untuk melaksanakan Tes Psikotes.
Kemudian pada hari pelaksanaan Tes Psikotes, ternyata peserta seleksi bukan hanya dari sekolah penulis saja, tetapi banyak sekolah swasta yang mengikutinya, bahkan dari luar kota pun datang jauh-jauh untuk mengikuti tes ini. Jika dihitung, jumlah pesert yang mengikuti tes ini sekitar 1000 orang lebih. Maka dari itu panitia seleksi membuat 3 batch(bagian) untuk tes psikotes ini. Untungnya penulis dan teman-teman satu sekolah mendapatkan batch yang pertama.

Pada Tes Psikotes ini, ternyata dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap pertama dan tahap kedua.


Kemudian, dalam tes ini peserta harus menggunakan pensil 2B. Dalam tes psikotes pertama ini, yang diujikan berupa soal matematika dasar dan kebahasaan. Dan untuk waktunya penulis lupa karena penulis fokus dalam pengerjaan. untuk itu temen - temen lebih baik fokus saja dalam pengerjaan agar mendapatkan hasil maksimal
Setelah selesai Tes Psikotes tahap pertama, selanjutnya menunggu hasil tes. Dan penulis waktu itu lolos seleksi tes Psikotes tahap pertama, kemudian langsung melaksanakan Tes Psikotes tahap kedua.

Pada Tes Psikotes tahap kedua ini, soalnya berupa Tes Warteg, Tes gambar pohon, Tes Gambar orang, Tes Kreplin, dan mengisi data diri. Tes tahap kedua ini memang sangat sering digunakan di banyak perusahaan. Jadi tips untuk tes seperti ini silahkan temen - temen bisa baca di buku ataupun mencari di internet.
Setelah Tes psikotes tahap kedua ini selesai (penulis selesai tes ini sekitar jam 19.00 WIB/ jam 7 malam). Penulis langsung diberikan informasi dari pihak perusahaan untuk esok hari melakukan interview di SMK N 2 Kebumen.

Dan itulah cerita penulis dalam melaksanakan tes psikotes PT Aisin di Gedung IAINU Kebumen. Cerita diatas mungkin bisa dijadikan referensi bagi temen - temen yang akan melakukan tes Psikotes di PT AISIN INDONESIA. Selalu berusahalah ketika ingin melakukan sesuatu. Dan dalam berusaha selalu sertakanlah Allah SWT., karena Dia-lah yang memberikan kita segala-galanya. Keep spirit untuk Kawan - kawan dan Adik- Adiku dari SMK N 2 Kebumen. SMK BISA!!!!

Semoga Bermanfaat, terimakasih
Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment