BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Thursday, 23 August 2018

Macam-macam alat output device beserta fungsinya

      Hai Temen-temen, kembali lagi di Blog Aku Anak Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai macam-macam alat output device beserta fungsinya. Selain terdapat input device komputer, pastinya komputer mempunyai alat output device yang memiliki fungsi tertentu.

      Alat Output device atau alat keluaran komputer saat ini sudah sangat banyak macamnya dengan kegunaaan yang sangat bermanfaat bagi keseharian kita. Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai macam-macam alat output device beserta fungsinya. Akan dijelaskan dibawah.


  • Pengertian Output Device / Alat keluaran

       Output Device adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data . Keluaran dapat berupa hard copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

     Output yang dihasilkan dibedakan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk image atau gambar), suara dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa:
  1. Hard-copy device : Alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada media keras seperti kertas. Contoh : printer, plotter
  2. Soft-copy Device : Alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan gambar pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. contoh: video display, flat panel dan speaker.
  3. Drive device atau driver : Alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Contoh : Disk drive, tape drive.
 Alat Output Device diantaranya :
  • Printer dan Plotter

       Printer dan Plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi untuk mencetak di atas kertas ukuran besar, disarankan untuk menggunakan plotter.

  • Monitor

        Salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Ukuran monitor beragam layaknya monitor televisi yaitu inchi. Jenis - jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk besar layar cembung sampai dengan bentuk tipis layar datar (flat)

  • Speaker
        Speaker termasuk alat output yang digunakan untuk mengeluarkan suara dari cpu, mendengarkan musik, film, dll./(modulperakitankomp)


       Itulah tadi informasi mengenai macam-macam alat output device beserta fungsinya. Sekian artikel dari saya kali ini, terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.. dan

Salam sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment