BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Saturday, 18 August 2018

Macam-macam perangkat input device/alat masukan komputer pc

      Hai temen-temen, kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai Macam-macam perangkat input device/alat masukan komputer pc. Bagi temen-temen yang sedang belajar komputer pasti akan sangat membantu untuk memahami berbagai komponen tersebut. silahkan membaca..

       Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat berupa signal input atau maintance input. Signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Sedangkan maintance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga dapat untuk memasukkan program.
Kelompok input device diantaranya :

1. Keyboard

       Bila mendengar kata "keyboard", maka pikiran kita tidak terlepas dari sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan huruf dan simbol - simbol khusus lainnya pada komputer.

      **Pada Keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alfabet)**
  • A-Z,
  • a-z,
  • angka 0-9
  • tombol dan karakter khusus seperti : ~!@#$%^&*()_+[ ] { } : " '`; , . / < > ?
  • tombol fungsi (F1-F12)
  • serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts.

Sedangkan pada mesin ketik biasa jumlah tutsnya ada 52 buah.

       Bentuk keyboard umumnya persegi, namun telah dikembangkan menjadi sangat variatif. Keyboard pada dasarnya hampir sama bentuk dan fungsinya dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output dan tampilannya.

**Macam-macam keyboard**
  • Keyboard PS2
  • Keyboard USB
  • Keyboard Wireless
Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.


2. Mouse

       "Mouse" juga disebut Penunjuk(Pointer) yang artinya dapat digerakkan kemana saja berdasrkan arah gerakan optik yang terdapat pada mouse. Sebelum menggunakan optik mouse menggunakan bola kecil yang dipasangkan dibagian dasar mouse. Gerakan mouse yang searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal(atas atau samping).

       Jika keduanya digerakkan akan menjadi gerak diagonal. Berdasarkan gerakan mouse ini, maka gerakan tanda panah atau penunjuk akan dapat terlihat di layar monitor.

**Macam-Macam Mouse **
  • Mouse PS2
  • Mouse USB
  • Mouse Wireless


3. Scanner 

       Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopy. Pada mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas, sedangkan pada scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer terlebih dahulu kemudian baru dirubah atau dimodifikasi sehingga tampilannya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen atau gambar.

       Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit/angka biner), 8-bit(256 warna) dan 24-bit(lebih dari 16 juta warna). Bila kita membutuhkan hasil yang baik maka dianjurkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan lebih bagus.


4. Digital camera dan webcam

       Salah satu input device yang dahulu sampai sekarang masih banyak yang menggunakan adalah digital camera. Dengan alat ini, untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan ukuran relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah.

       Gambar yang dapat ditransfer bisa berbagai jenis mulai dari gambar statis atau foto maupun yang dinamis/bergerak seperti video. Fungsi webcam sama dengan digital camera namun bedanya webcam juga dapat digunakan untuk berbicara langsung secara online melalui koneksi internet sehingga lawan bicara dapat melihat wajah kita melalui layar monitornya.


5. Mic (Microphone)

       Jika kamera digunakan untuk memasukkan input gambar dan suara, maka mic digunakan hanya untuk memasukkan input suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara yaitu sound card (bagian yang mengatur pengolahan suara agar dapat menerima input suara dan meneruskan ke output berupa speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara). Sekarang ini hampir semua headset sudah menyediakan mic untuk menerima input suara  dan speaker untuk mendengarkan suara.(sumber:bperakitankomputer)


     Itulah tadi Macam-macam perangkat input device/alat masukan komputer pc. Patikan kalian selalu update di Blog Aku Anak Indonesia ya.. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat..

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment