BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Thursday, 23 August 2018

Pengertian CPU, CU, ALU, dan Register serta fungsinya

     
      Hai temen-temen, selamat datang di Blog Aku Anak Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Pengertian CPU, CU, ALU, dan Register. Mungkin dari semua komponen tersebut kita sudah familiar dimana - mana, namun apakah kalian mengetahui pengertian secara teori dari komponen tersebut ?.

     Untuk mengatasi masalah tersebut, kali ini saya akan memberikan penjelasan secara singkat dan padat tentang CPU, CU, ALU, dan Register. Oke langsung disimak ya..


**Pengertian CPU**

       CPU atau lebih dikenal dengan nama Prosessor, merupakan tempat diprosesnya instruksi-instruksi program. Pemrosesan ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC (Integrated Circuit).

CPU terdiri dari :
  • Unit Kendali / Control Unit (CU)
  • Unit Aritmetika Logika(ALU)
  • Register
1. Control Unit (CU) / Unit Kendali

       Tugas dari Control Unit adalah:
  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama(jika diperlukan) untuk diproses
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama (RAM) 

2. Arithmatic and Logic Unit (ALU)

      Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmetika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operasi dengan operator logika tertentu yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (< >), kurang dari (<), kurang sama dengan, lebih besar (>), dan lebih besar sama dengan.

3. Register

       Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang sedang tidak diproses, menunggu giliran masih disimpan di memori utama (RAM).

       Secara analogi, Register diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika. Program yang berisi kumpulan dari instruksi dan data diletakkan di memori utama yang diibaratkan sebagai sebuah meja. Kita mengerjakan program tersebut dengan memproses satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya, dimulai dari instruksi pertama dan berurutan hingga yang terakhir. Instruksi ini dibaca dan diingat (instruksi yang sedang diproses disimpan di register).

       Misalnya instruksi berbunyi HITUNG A=B+C, maka kita membutuhkan data untuk nilai B dan C yang masih ada di meja (tersimpan dalam memori utama). Data dibaca dan masuk ke ingatan kita (data yang sedang diproses disimpan di register), yaitu misalnya B=1 dan C=2. Saat ini, otak kita telah tersimpan suatu instruksi, nilai B dan C, sehhingga nilai A dapat dihitung yaitu bernilai 5 (proses perhitungan dilakukan ALU).

        Hasil perhitungan dituliskan kembali ke meja (hasil pengolahan disimpan kembali ke memori utama). Setelah semua selesai, kemungkinan data, program dan hasilnya disimpan secara permanen untuk keperluan dilain hari sehingga perlu disimpan di dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder)./(modulperakitankomp)


      Oke temen - temen, itulah tadi penjelasan mengenai CPU, CU, ALU, dan Register. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian artikel kali ini, terimakasih, semoga bermanfaat, dan

Salam sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment