BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Sunday, 26 August 2018

Pengertian dan sejarah Laptop Lengkap



A.    PENGERTIAN LAPTOP

       Laptop (dikenal juga dengan istilah notebook/powerbook) adalah komputer portabel (kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi pada sebuah casing. Beratnya berkisar dari 1 hingga 6 kilogram tergantung dari ukuran, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Dahulu komputer pribadi ini sering digunakan diatas pangkuan, maka kemudian diberi nama Lap Top = Atas Pangkuan.

      Sebagai komputer pribadi, Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan, tidak panas dan irit listrik. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan touchpad atau dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB (Universal Serial Bus).

       Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.


B.    JENIS-JENIS LAPTOP 

  • Netbook
       Netbook merujuk pada spesies komputer jinjing yang memiliki spesifikasi tertentu. > Sebuah netbook umumnya menggunakan prosesor Intel Atom. > Jenis komputer jinjing ini berukuran kecil, biasanya dengan layar di bawah 12 inci dan berat kurang lebih 1 kg.
Netbook mulai populer ketika Asus mengeluarkan produk bernama Eee PC. Ketika itu, komputer dengan harga murah ini menggunakan harddisk layaknya sebuah media penyimpan portabel USB Flash Disk (UFD), dengan kapasitas rendah 4GB.
  •  Mainstream
       Laptop ini ,memiliki ciri yaitu: > Prosesor yang digunakan, misalnya Intel Core i5, i3, dan Core 2 Duo. > Memori minimal 2GB. > Memiliki Drive untuk membaca dan menulis DVD. > Keyboard berukuran penuh atau setidaknya 80% dari lebarnya sendiri.
  • Tablet PC
       Perangkat ini memiliki layar sentuh sehingga mudah diputar, dan mudah dibawa kemana saja.
Mulai 2010, perangkat ini menjadi tren baru. Tren ini dikomandani oleh Apple Inc. yang menghadirkan iPad ke pasaran. Namun, ada perbedaan antara Tablet PC dan iPad, yaitu: > Tablet PC menggunakan stylus yang digunakan. Sedangkan iPad menggunakan jari-jemari. > Tablet PC dimaksudkan sebagai laptop yang berbeda. Sedangkan iPad dimaksudkan sebagai gadget.




C.    SEJARAH LAPTOP

       "Penemu Laptop Pertama Di Dunia Adam Osborne" - di tahun 1970 an gagasan komputer pribadi yang portabel pertama kali dipikirkan oleh alan kay di xerox parc orang ini ba di bidang radioaktif dan orang pertama yang menerima hadiah nobel sebanyak 2 kali SerpAttacks – Free SEO Software Penunggu Lirik Lagu Makanan manusiaberita gosip selebrity entertainment Di tahun 1970an. Gagasan komputer pribadi yang portabel pertama kali dipikirkan oleh Alan Kay di Xerox PARC. Salah satu keuntungan dari Nokia N900 dengan platform Maemo nya adalah kemampuan upgrade firmware secara nirkabel, atau biasa disebut Over The Air (OTA)Perlu Anda tahu, sesekali minum kopi bisa menyehatkan, tapi jika berlebihan dapat membahayakan kesehatan Masalahnya saat ini, hampir 90 persen orang dewasa dan 75 Indonesia merupakan negara yang besarIndonesia mempunyai mata uang yang terbilang menarik Mata uang pertama yang dimiliki Republik Indonesia setelah merdeka adalah Penemu Laptop Pertama Di Dunia Adam Osborne.


1)    Tahap pertama Hal ini berawal dari ide pada 1970-an oleh Alan Kay dari Xerox Palo Alto Research Center memiliki suatu visi untuk sebuah komputer jinjing yang tidak memerlukan kabel, seukuran buku catatan. Ia menamakannya Dynabook. Dynabook milik Kay ini diciptakan dengan kemampuan network wireless. Dan hal ini mulai mengerakkan roda perkembangan sebuah komputer jinjing yang sebenarnya seperti sekarang ini.

2)    Tahap kedua Di era 1979, William Moggridge dari korporasi Grid System menciptakan komputer jinjing yang pertama: The Grid Compass Computer 1109. Memiliki 340 kilobyte memory, sebuah kotak die-cast magnesium dan sebuah layar lipat electrominescent. Nasa membeli banyak darinya pada kisaran $800 perbiji, untuk digunakan pada program ruang angkasa.

3)    Tahap ketiga pada 1983 Gavilan Computer memproduksi sebuah komputer laptop yang bekerja dengan baik sebaik MS-DOS pada processor 8088. Diproduksi dengan 64K RAM, dapat di up-grade ke 128K. Dengan berat sekitar 9 pounds, memiliki touchpad/mouse didepan sebelah atas keyboard.


4)    Tahap keempat Pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Apple model IIc. Apple IIc adalah sebuah notebook-seukuran komputer, akan tetapi bukan Laptop sebenarnya. Memiliki microprosesor 65C02, Memory 128 kilobytes dan floppy drive 5.25-inch internal, dua port serial, port mouse, modem card, power supply external, dan dapat dilipat. Komputer itu sendiri memiliki berat 10 sampai 12 lb (5kg), akan tetapi monitornya sedikit lebih berat. Apple IIc memiliki monitor monochrome 9-inci dan LCD panel optional.


  • Komputer portbale yang memiliki mesin CPU 8 bit ini kemudian diterima secara luas dan jumlahnya semakin menintkat. Osborne 1, yang dirilis pada tahun 1981, menggunakan zilog Z80 dan beratnya 10,7kg (wow laptop jaman dulu berat banget ya) itupun belum termasuk baterai. Layar CRT hanya 5 Inch atau 13 cm, dan menggunakan  5,26 inci single density floppy drive. Pada tahun yang sama komputer laptop berukuran portable pertama, Epson HX 20, diumumkan. Epson memiliki layar LCD, baterai isi ulang, dan sebuah printer kalkulator ukuran 1,6 kg.
  • Laptop pertama yang menggunakan flip form factor muncul pada awal tahun 1980-an. Magnum Dulmont dirilis di Australia pada tahun 1981 – 1982 tapi dipasarkan secara global sampai pada tahun 1984 – 1985.

       Beberapa CPU yang digunakan antaranya adalah Inter 1990 i386SL, dirancang untuk menggunakan daya minimum untuk meningkatkan dataya hidup baterai komputer portable, dan didukung oleh manajemen daya dinamis sepert Intel SpeedStep dan AMD PowerNow dalam beberapa desain.

       Perkembangan teknologi komputer telah banyak membawa perubahan pada komputer portable atau laptop ini. Desain yang semakin ramping, bobot yang semakin ringan dan kemampuan menghemat daya menjadi bagian terpenting dalam perkembangan laptop berikutnya.

       Laptop yang seperti kita lihat saat ini memiliki desain yang sangt tipis, bobot yang sangat ringan, tampilan layar yang besar serta kemampuan kiner yang super canggih ditambah  lagi kemampuan hardisk dalam menyimpan data yang lebih banyak. Maka kemudian penggunaan laptop pun menjadi sebuah tren baru ditengah-tengah pengguna PC.

       Berbagai varian dan merk pun muncul sebagai pilihan dari para pengguna komputer portable. Saat ini muncul yang namanya netbook. Istilah ini terkadang rancu ketika disandingkan dengan istilah notebook. Netbook sebenarnya salah satu varian dari notebook atau laptop yang dikhususkan untuk para pengguna PC yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan netbook mereka bisa menggunakan aplikasi kantor dan terhubung ke internet kapan saja dan dimana saja tanpa harus membawa laptop yang lebih berat.



D.    SEJARAH PERKEMBANGAN LAPTOP DARI MASA KE MASA 


1. Tahun 1975 IBM Portable PC 5100

      Model IBM Portable ini merupakan komputer mikro pertama yang dirancang pada saat itu dibuat untuk mathematicians dan engineers.

2.  Tahun 1977 Rockwell AIM 65
 
       Untuk Rockwell AIM 65 komputer mikro ini lebih lengkap dengan keyboard,layar dan hard copy printer.

3. Tahun 1978 IBM Portable PC 5110
 
       IBM 5110 ialah komputer bisnis versi yang berawal dari dari IBM 5100 dari tahun 3 sebelumnya yang dirancang terutama untuk mathematicians dan engineer.

4.Tahun 1979 Heathkit H89

Heathkit merilis Heathkit H89 all-in-one komputer pada akhir 1979.

5. Tahun 1981 Osborne 1

       Dirilis pada tahun 1981 oleh Osborne Computer Corporation,Osborne 1 yang dianggap sebagai yang pertama sebagai portabel komputer.  Walaupun cukup revolusioner, Osborne memiliki keterbatasan misalnya, layar  hanya 5 (diagonal) dalam ukuran, dan tidak dapat menampilkan lebih dari 52 karakter per baris teks.

6. Tahun 1981-1984 Gavilans first Tries and Ibm
       Kemudian gavilan mobile computer hadir beratnya yang hanya 4 kg dan mampu bertahan hingga 9 jam dengan baterai nickel-cadmium menjadikan gavilan yang paling unggul dan mampu memadukan antara performa dan desain di tahun 1983. Satu lagi nilai plus dari produk gavilan ini adalah mobile pc pertama yang diluncurkan dan dipasarkan dengan nama laptop.

       Sejak munculnya osborne 1, menjadi titik dimana seseorang yang saat ini sangat akrab di telinga kita, yaitu bill gates memperkenalkan sebuah ide dimana portable computer dilengkapi dengan lcd screen. Kazuhiko nishi dari microsoft yang kemudian merealisasikan ide tersebut menjadi prototype radio shack. Dengan berat 2 kg, radio shack trs-80 model 100 mobile computer hadir dengan fitur modem, telecommunications program, text editor, dan sebuah program yang dibuat oleh microsoft.

       Saat radio shack menjadi batu pijakan untuk membentuk laptop saat itu menjadi seperti laptop sekarang ini, ibm justru mengembangkan portable pc 5155 di tahun 1984. Mengapa saya mengatakan  justru ? Karena produk ibm itu tidak sekalipun menjunjung tinggi asas portabilitas dengan beratnya yang mencapai 13,6 kg dan dengan layar 9-inch dibandrol “sangat bijak” dengan harga $4000 tanpa baterai didalamnya.


7.  Tahun 1984-1988, COMPACT STEPS IN


       Compaq berhasil memasang mata angin penunjuk arah harus dibawa kemana segmen laptop ini, dengan produknya compaq slt 286 beresolusi vga, yang dilengkapi  1.44 floppy drive dan 286 processor.


8. Tahun 1989-1993

       Langkah selanjutnya dari perkembangan laptop dan menjadi masa revolusi terbesar dari laptop terjadi di tahun 1990-an. Ini dimulai dengan munculnya minisport yang dibuat oleh zenith data systems, miniport mempunyai sejulah fitur seperti 640 kb ram, 1.44-inch floppy drive, 2400 baud modem dan 20mb esdi hard drive. dan langkah paling besar di era ini dilakukan oleh pabrikan laptop baru (saat itu), yaitu macintosh dengan macintosh portable-nya. Walaupun beratnya hampir 8 kg, namun desainnya sangat kokoh dan kuat dengan layar 9.8-inch active matrix, resolusi 640×400 pixel, dan sebuah trackball.Sejak tahun 1993,layar 256-color menjadi pilihan yang baik untuk laptop di kala itu, contohnya yaitu powerbook 165.

9. Tahun 1996-2003 Toughbooks dari panasonic dan intel


       Tepatnya di tahun 1996 panasonic membuat sebuah langkah besar dengan memperkenalkan lini laptop mereka yang fokus di segmen robust mobile computer,yaitu dengan laptop andalannya toughbook (cf-25). Didesain dengan kemampuan “bertahan. Yang lebih, laptop ini diklaim aman saat dijatuhkan dari ketinggian 70cm,tahan debu, ataupun udara lembap.

10. Tahun 2003-hingga sekarang dan Masa Depan

      Dimasa depan selanjutnya, vaio zoom, concept laptop yang menggunakan teknologi holographic pada layarnya. Sehingga saat laptop ini di shutdown, layar akan benar-benar terlihat transparan seperti lapisan kaca.

No comments:

Post a comment