BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday, 29 August 2018

Pengertian Genre Musik dan contohnya Lengkap

      Hai temen-temen, kembali lagi di Blog Aku Anak Indonesia. Kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai Pengertian Genre Musik dan contohnya Lengkap. Di artikel ini kalian akan mendapatkan pengetahuan mengenai pengertian musik, simbol, dan berbagai genre/jenis musik beserta fungsinya. Langsung disimak ya..


A. Pengertian Musik
 
       Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar musik, seperti di rumah, sekolah, mall, tempat-tempat rekreasi, dan lain-lain. Dapatkah kita mendefinisikan istilah ‘musik’ tersebut dengan tepat? Apa saja definisi musik yang pernah kamu ketahui? Sampai saat ini terdapat beberapa definisi yang diketahui masyarakat umum, di antaranya adalah:

  • Musik adalah bunyi yang terdiri dari ritmik dan melodi yang teratur,
  • Musik adalah bunyi yang enak untuk didengar (Schafer, 1995).




Genre Musik    :

1. Musik Klasik (Barat)
2. Musik Pop
3. Musik Jazz
4. Musik Keroncong
5. Musik Tradisional
6. Musik Perkusif
7. Musik Kreatif (Kontemporer)
8. Musik Dangdut
9. Musik Tanjidor
10. Musik Gamelan
11. Musik Melayu

B. Musik Sebagai Simbol
 
       Musik, seperti halnya cabang seni lain, sangat sarat dengan simbol-simbol tertentu yang berhubungan erat dengan makna tertentu dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Simbol-simbol tersebut tampak pada karakter bunyi yang dihasilkan oleh instrumen-instrumen tersebut (musikal), termasuk vokal/suara manusia. Secara musikal, simbol-simbol musik dapat tampak pada elemen-elemen di dalamnya, seperti tinggi-rendahnya nada, ritme, dinamika, atau tempo.








C. Estetika Musik

       Instrumen yang terbuat dari bambu, misalnya, tidak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi digunakan pula di banyak negara lain, seperti Filipina (marimba, angklung, tumpong), Thailand (khene), Vietnam (Dan Bau), Arab (nay atau serunai Arab), Jepang (shakuhachi), dan Cina (dizi).
Bunyi instrumen yang terbuat dari bambu seringkali dipandang menghasilkan bunyi yang ‘indah’ oleh masyarakat pendukungnya.
      Masyarakat Sunda, misalnya. Penilaian ‘indah’ terhadap bunyi yang  dihasilkan oleh angklung tersebut tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat Sunda. Masyarakat Sunda dikenal sebagai masyarakat yang akrab atau dekat dengan lingkungan alam. Mereka memandang lingkungan hidupnya sebagai sesuatu yang ‘indah’, yang harus dihormati, diakrabi, dipelihara, dan dirawat. Kedekatan masyarakat Sunda dengan lingkungan alam tampak pada tindakan mereka untuk menjadikan bahan-bahan dari lingkungan sekitar, misalnya bambu, sebagai bagian dari kebutuhan untuk mengekspresikan keindahan.

D. Fungsi Musik

Fungsi Musik Diantaranya :

1.    Digunakan untuk hiburan
2.    Mengiringi tarian





Sumber: Dok. Kemdikbud
Musik digunakan untuk mengiringi tarian
dalam Dramatari Gambuh (Bali)




      Oke temen-temen, itulah tadi artikel mengenai Pengertian Genre Musik dan contohnya Lengkap. Pastikan kalian selalu update di Blog Aku Anak Indonesia ya.. agar kalian mendapatkan informasi - informasi terbaru dari Blog ini.
Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat, dan

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment