BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Tuesday, 21 August 2018

Perbedaan prosesor 32-bit dengan 64-bit Lengkap!


     Hai teman - teman, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Perbedaan prosesor 32 Bit dengan 64 Bit. Mungkin kalian sekarang sedang bertanya - tanya, apasih perbedaan antara prosessor 32 Bit dengan yang 64 Bit?, padahal hal tersebut seringkali kita temui di semua hal komputerisasi atau laptop. Untuk itu, silahkan disimak ya..

     Sekarang ini penggunaan prosesor tidak hanya dalam komputer dekstop maupun laptop saja. Namun dalam smartphone pun yang kebanyakan fungsi utamanya sebagai alat komunikai sekarang telah menggunakan prosessor. Bahkan, selain menggunakan prosessor, memori ram dan gpu juga tertanam didalamnya. Namun, kali ini saya akan membahas Perbedaan prosesor 32 Bit dengan 64 Bit saja walaupun pada dasarnya sama.

     Terdapat beberapa jenis prosessor yaitu versi 32-bit dan versi 64-bit. Jumlah bit dalam prosessor menunjukkan ukuran data yang dialirkan dan kapasitas registry. Registry merupakan tempat penyimpanan database yang digunakan untuk menyimpan informasi komputer yang terdapat dalam prosessor. 1-bit terdiri dari dua nilai yaitu 1 dan 0 . Prosessor 32-bit bisa menampung 64 nilai komputasi sedangkan prosessor 64-bit dapatmenampung 4 kali lebih banyak atau hingga 256 nilai komputasi.

    Lalu, apa yang menjadi Perbedaan prosesor 32 Bit dengan 64 Bit ?. Perbedaannya yaitu terletak pada jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosessor pada saat tertentu seperti dimana suatu program berjalan dalam kondisi menggunakan memori yang besar. Dengan kata lain, Perbedaan prosesor 32 Bit dengan 64 Bit yaitu pada kinerjanya, semakin besar nilai bit-nya maka kinerjanya semakin lebih baik.


    Ibarat perbedaan menimba air ke bak menggunakan ember kecil dan ember besar. Pastinya akan berbeda bukan?. Mungkin jika menggunakan ember yang kecil untuk memenuhi bak harus beberapa kali menimba agar penuh(bisa 10 kali menimba). Namun, dengan menggunakan ember yang besar untuk menimba dan untuk memenuhi bak mungkin hanya butuh 3-4 kali menimba.

   Nah, seperti itulah gambaran secara logis Perbedaan prosesor 32 Bit dengan 64 Bit. Hanya saja karena ukuran penggandaannya bersifat eksponensial (pangkat) bukan kelipatan, maka prosesor 64-bit memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibanding prosessor 32-bit.

    Ada perbedaan yang signifikan antara dua jenis prosessor ini, yaitu prosessor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi untuk setiap satu DIMM (Dual In-line Memory Module) memory. Sedangkan prosessor 64-bit secara teori dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB dan mampu bekerja hingga 2 kali lipat lebih cepat.

    Awalnya, tidak mungkin sebuah program memerlukan memori lebih dari 2 GB. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi beberapa software seperti video game, desain grafis, video editing, aplikasi server dan lain-lain kini telah melebihi batas tersebut. Sehingga kini membuat prosessor 64-bit menjadi sangat populer dan banyak digunakan hampir di setiap komputer terutama pada laptop-laptop keluaran terbaru. Selain hai itu, yang menjadi pertimbangan lainnya karena komputer dengan prosessor 64-bit tidak akan bermasalah apabila diinstall operasi sistem 32-bit. Namun, apabila kinerja komputer ingin maksimal maka sebaliknya apabila komputer dengan prosessor 64-bit, maka akan lebih baik jika dipasang dengan sistem operasi 64-bit juga.

    Jika membandingkan keunggulannya. Prosessor 64-bit memang lebih unggul dari prosessor 32-bit. Mulai dari kinerja seperti menimba air dengan ember yang besar dan kecil tadi dan juga kapasitas alokasi memori ram lebih besar yang bisa ditangani oleh prosessor 64-bit. Jadi, jika akan merakit PC dekstop dengan memori ram lebih dari 4gb, maka gunakan juga prosessor 64-bit agar Pc tersebut bekerja dengan maksimal.(modulperakitankomputer)



    Oke temen-temen, itulah tadi penjelasan bagaimana Perbedaan prosesor 32 Bit dengan 64 Bit. Pastikan kalian selalu update informasi-informasi di Blog Aku Anak Indonesia!. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat..

Salam sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment