BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday, 15 August 2018

Tips agar dipanggil untuk proses/tahapan seleksi selanjutnya (psikotes dan wawancara kerja)




       Hai teman - teman, kali ini saya akan membagikan artikel mengenai Tips agar anda dipanggil untuk proses atau tahapan seleksi selanjutnya (psikotes dan wawancara kerja). Mempunyai pekerjaan memang dambaan semua orang, terlebih pekerjaan yang memiliki gaji yang besar.

       Namun, untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lumayan bukan perkara yang mudah, pasti akan dilakukan tahapan seleksi yang ketat. Proses atau tahapan setiap perusahaan berbeda - beda. Jadi kita tidak bisa menyimpulkan jika tes perusahaan A akan sama dengan perusahaan B. Tidak! itu salah besar.

       Perusahaan yang baik pasti akan menyeleksi calon karyawannya dengan berbagi tes. Setiap perusahaan pastinya akan mencari calon karyawan yang terbaik dari suatu daerah di Indonesia. Untuk itu, kali ini penulis akan membagikan beberapa tips untuk teman-teman agar dipanggil untuk proses atau tahapan seleksi selanjutnya, baik psikotes atau wawancara kerja.

       Seperti keterangan diatas, setiap perusahaan memiliki tahapan atau proses yang berbeda-beda dalam menyeleksi. Dengan kata lain, setiap perusahaan mempunyai karakteristik yang berbeda. Namun pada intinya agar kalian dipanggil untuk proses tahapan psikotes maupun wawancara (interview), yaitu buatlah resume yang benar - benar menunjukkan keunggulanmu.

       Kenapa bisa begitu? kenapa harus memperhatikan Resume menunjukkan keunggulan?. Bagaimana tidak? perusahaan dalam memilih calon karyawannya pasti akan melihat seluk beluk dari calon karyawannya agar perusahaan puas dengan kinerjanya. Dengan menunjukkan keunggulan, pastinya akan menambah nilai positif kita agar perusahaan tertarik untuk menjadikan kita sebagai karyawan.

Oke, inilah Tips agar anda dipanggil untuk proses atau tahapan seleksi selanjutnya (psikotes dan wawancara kerja.

1. Masukkanlah pengalaman, prestasi dan skill.

        Tujuannya agar instansi tersebut tertarik menghubungi anda untuk mengikuti tahapan seleksi rekrutmen selanjutnya. Bahkan tertarik merekrutmu langsung tanpa ada tahapan seleksi lanjutan.

2. Tidak boleh main-main

        Kita harus melamar kerja di tempat yang sesuai dengan bidang keahlian kita.Ingat, bidang keahlian jadi apapun jurusannya tidak masalah asalkan bidang keahliannya Anda kuasai.

3. Jangan lupa untuk  mencantumkan posisi pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

       Tidak bisa berharap perusahaan akan membaca 100% resume/CV Anda dengan harapan akan menentukan posisi yang tepat buat Anda. Pihak HRD tidak akan sempat melakukan itu, jadi segera pastikan diawal lamaran posisi apa yang Anda inginkan.

4. Buat CV (Curriculum Vitae) yang Menarik.

     CV itu sangat penting, bisa dikatakan lebih penting dari surat lamaran itu sendiri. CV mencerminkan diri Anda sendiri.

5. Jangan buat kesalahan dalam pembuatan CV Anda. 
  
     Jangan sampai ada kesalahan dalam menulis data di CV. Jika terdapat kesalahan lebih baik diganti yang baru. Termasuk tipo yang menurut anda hal kecil

6. CV bukan untuk teman anda.

      Dalam menulis surat lamaran jangan berbahasa seperti dengan teman apalagi dengan bahasa penuh singkatan dan kata - kata yang membutuhkan arti khusus untuk dimengerti.

7. Beberapa HRD akan meminta anda menulis tangan.

Ada penilaian Khusus untuk hal ini

8. Bersikap sopan tapi sewajarnya.

     Berlakulah sopan, pewawancara anda bisa jadi adalah calon atasanmu. Etika dan attitude menjadi poin penilaian.

9. Tidak terlambat.

      Datang tepat waktu yang diminta.Saat anda terlalu cepat datang, lakukan pemahaman terhadap apa dan bagaimana perusahaan itu bekerja.Bila anda terlambat datang segera hubungi untuk keterlambatan anda.( selama masih normal )

10. Bawa perlengkapan pribadi, Alat Tulis dan hal yang diminta oleh perusahaan.

      Hindari membawa barang berlebihan. Selain merepotkan, juga bisa membuat Anda lelah.

11. Selalu Merespon Undangan Interview

     Undangan yang ditujukan ke Anda tidak diperkenankan undangan tersebut di SHARE Tanpa Seiijin perusahaan. Karena email adalah RAHASIA.

12. Tinggalkan nomor kontak yg mudah dihubungi. 

      Hal ini betujuan agar perusahaan memiliki koneksi ke calon karyawan


      Oke temen - temen, itulah tadi Tips agar dipanggil untuk proses/tahapan seleksi selanjutnya (psikotes dan wawancara kerja) . Buat temen-temen yang belum punya pekerjaan ataupun sedang mencari kerja, cara diatas mungkin bisa dijadikan referensi tambahan buat kalian.

      Selalu lakukan terbaik dalam suatu hal. Jangan pernah menyerah, selalu berusahan, sabar dan berdoa, Dan selalu berdoa kepada Tuhan Pencipta Alam. Mintalah Restu dari Orang Tua agar semua yang kita harapkan menjadi berkah dan bermanfaat.
Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment