BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Saturday, 8 September 2018

Contoh Tes Army Alpha dengan gambar dan instruksinya lengkap

        Hai teman - teman, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai Contoh Tes Army Alpha dengan gambar dan instruksinya lengkap. Tes Army Alpha ini seringkali digunakan oleh perusahaan untuk menyeleksi calon karyawannya. Karena tes ini berguna untuk mengetahui konsentrasi calon karyawannya sesuai perusahaan atau tidak.

       Tes Army Alpha adalah sebuah Tes psikologi yang dikembangkan oleh seorang psikolog Amerika bernama Arthur Sinton Otis, Ph.D (28 July 1886 - 1 January 1964). Otis mengembangkan tes Army Alpha pada tahun 1917. Pada awalnya tes ini dikembangkan oleh Otis untuk didedikasikan kepada US.Army (Angkatan Militer Amerika), sehingga diberi nama Army Alpha.Tes ini pernah dipakai untuk merekrut 1,7 juta tentara Amerika pada Perang Dunia I.

       Tes ini bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan, ketelitian dan konsentrasi seseorang. Bentuk tes Army Alpha adalah pilihan berganda (multiple choice), dan dapat dilakukan kepada banyak peserta sekaligus. Tidak harus satu penguji satu peserta. Untuk dunia kerja, tes ini terkadang dipakai oleh perusahaan yang ingin menguji banyak peserta sekaligus secara praktis dan cepat.

       Tes Army Alpha ini adalah tes yang tidak meminta teman-teman untuk menggambar, namun meminta teman-teman menjawab sejumlah pertanyaan,Berikut  Contoh soal army alpha, teman-teman bisa menggunakan untuk latihan soal karena soal berikut hampir sama dengan apa yang selama ini pernah saya alami mengikuti tes army alpha ini. mintalah bantuan teman untuk melakukan latihan ini untuk membacakan setiap intruksi sesuai dengan soal dibawah ini. dan kerjakanlah dengan baik dan benar.


Contoh Gambar Soal Tes Army Alpha


INSTRUKSI / PERINTAH TEST ARMY ALPHA

1. Lihatlah lingkaran-lingkaran pada soal no 1. Inilah perintahnya : Buatlah sebuah silang dalam lingkaran ke 2 dan sebuah huruf dalam lingkaran ke 5.
Mulai (5 detik)…..Stop.

2. Lihatlah no 2. Lingkaran-lingkaran itu bernomor, dengarkan baik-baik. Tariklah sebuah garis dari lingkaran ke 3 ke lingkaran ke 6. Garis itu lewat di bawah lingkaran ke 4 dan diatas lingkaran ke 5.
Mulai (5 detik)…..Stop.

3. Lihatlah soal no 3 dan perhatikanlah baik-baik : Jika betul bahwa pesawat udara lebih cepat dari mobil, buatlah koma dalam lingkaran pertama. Jika tidak, coretlah perkataan “tidak”.
Mulai (5 detik)…..Stop.

4. Sekarang no 4 dan dengarkan baik-baik. Tulislah dalam lingkaran ke 3 jawaban yang betul dari pertanyaan : “ Berapa harikah 1 minggu itu?” Dalam lingkaran ke 4 tidak dibuat suatu apapun, tetapi tulislah dalam lingkaran ke 5 jawaban yang salah dari pertanyaan tadi.
Mulai (10 detik)…..Stop.

5. Lihatlah segi tiga dan lingkaran pada no 5. Dengarkan baik-baik. Buatlah sebuah silang pada bidang yang terletak dalam lingkaran, tetapi tidak dalam segitiga. Dan tulislah huruf “ A “ pada bidang yang terletak dalam lingkaran dan juga dalam segitiga.
Mulai (10 detik)…..Stop.

6. Lihatlat no 6. Dengarkan : Tulislah huruf “ X “ pada bidang yang terletak dalam segitiga tetapi tidak dalam bujur sanglar, dan tulislah huruf “ Y “ pada bidang yang terletak dalam bujur sangkar dan segi tiga tetapi tidak dalam lingkaran.
Mulai (10 detik)…..Stop.

7. Lihatlah no 7. Dengarkan baik-baik. Buatlah sebuah garis dibawah huruf yang tepat mendahului huruf E, dan buatlah pula sebuah garis yang melintang huruf kedua yang mendahului “ M “.
Mulai (10 detik)…..Stop.

8. Lihatlah no 8. Perhatikanlah ke 3 lingkaran dan ke 3 perkataan-perkataan itu. Tulislah dalam lingkaran pertama, huruf ke 2 dari perkataan pertama, Dalam lingkaran kedua, huruf ketiga dari perkataan kedua, dan dalam lingkaran ketiga, huruf penghabiisan dari perkataan ketiga.
Mulai (15 detik)…..Stop.

9. Lihatlah no 9, dengarkan baik-baik. Coretlah tiap-tiap bilangan yang lebih besar dari 30 tetapi kurang dari 40.
Mulai (15 detik)…..Stop.

10. Lihatlah no 10. Perhatikan bahwa gambar itu terbagi atas 5 bagian. Tulislah angka 8 atau 6 dalam 2 bagian yang kecil dan angka antara 1 sampai 5 dalam bagian hampir paling besar.
Mulai (15 detik)…..Stop.

11. Lihatlah no 11 dengarkan baik-baik. Coret tiap-tiap angka ganjil yang tidak berhuruf dan tidak terletak dalam segitiga, dan coretlahpula tiap angka genap yang berhuruf dalam lingkaran.
Mulai (15 detik)…..Stop.

12. Sekarang nomor yang terakhir, yaitu nomor 12. Perhatikan baik-baik : Apabila 5 lebih besar dari 3, coretlah angka 4, kecuali kalau 4 lebih besar dari pada 6, dalam hal ini buatlah sebuah garis dibawah angka 5.
Mulai (10 detik)…..Stop.









ARMY ALPHA INTELEGENCY
Volume : 2


1. Lihatlah lingkaran-lingkaran pada soal nomor 1. Perintahnya:
- Buatlah garis melintang dalam lingkaran ke 4 dan huruf “S” pada lingkaran ke 5.
Mulai (5 detik)…..Stop.

2. Lihatlah nomor 2. Lingkaran-lingkaran itu bernomor. Dengarkan baik-baik:
- Tariklah sebuah garis dari lingkaran ke 3 ke lingkaran ke 6. Garis itu lewat melintang pada lingkaran ke 4 dan di bawah lingkaran ke 5.
Mulai (5 detik)…..Stop.

3. Lihatlah soal nomor 3 dan perhatikanlah baik-baik:
- Jika betul bahwa pesawat lebih cepat dari mobil Coretlah lingkaran ke 3, jika tidak silanglah perkataan tidak.
Mulai (5 detik)…..Stop.

4. Sekarang nomor 4, dan dengarkan baik-baik:
- Tulislah dalam lingkaran ke 2 jawaban yang betul dari pertanyaan berikut: “Berapa bijikah jumlah gelas dalam 3 dozen ?”, kosongkan lingkaran ke tiga tetapi tulislah jawaban yang salah dari pertanyaan tadi dalam lingkaran ke 5.
Mulai (10 detik)…..Stop.

5. Lihatlah segitiga dan lingkaran pada nomor 5. Dengarkan perintahnya:
- Tulislah huruf “i” pada bidang yang terletak dalam lingkaran dan juga dalam segitiga. Dan buatlah tanda silang pada bidang yang terletak dalam segitiga tetapi tidak dalam lingkaran.
Mulai (10 detik)…..Stop.

6. Lihatlah nomor 6. Dengarkan :
- Tulislah huruf “X” pada bidang yang terletak dalam bujursangkar tetapi tidak dalam lingkaran dan segitiga. Dan tulislah huruf “Y” pada bidang yang terletak dalam segitiga dan bujursangkar tetapi tidak dalam lingkaran.
Mulai (10 detik)…..Stop.

7. Lihatlah nomor 7, dengarkan baik-baik:
- Buatlah garis di bawah huruf yang tepat mendahului huruf E, dan buatlah pula tanda silang pada dua huruf yang mendahului N.
Mulai (10 detik)…..Stop.

8. Perhatikanlah ketiga lingkaran dan ketiga perkataan-perkataan itu:
- Tulislah dalam lingkaran pertama huruf ketiga dari perkataan pertama. Dalam lingkaran kedua huruf keempat dari perkataan ke dua dan dalam lingkaran ketiga huruf kedua dari perkataan ketiga.
Mulai (15 detik)…..Stop.

9. Lihatlah nomor 9. Dengarkan perintahnya:
- Buatlah garis tepat di bawah angka yang kurang dari 50 tetapi lebih besar dari 40.
Mulai (15 detik)…..Stop.

10. Lihatlah nomor 10. Perhatikan bahwa gambar itu terbagi atas 5 bagian:
- Tulislah angka 8 dalam bagian yang hampir paling kecil dan huruf-huruf yang membentuk kata plato dalam bagian paling besar.
Mulai (15 detik)…..Stop.

11. Lihatlah nomoe 11, dengarkan baik-baik:
- Coretlah tiap-tiap angka ganjil yang berhuruf dan tidak terletak dalam segitiga dan coretlah pula angka genap yang tidak berhuruf dan tidak dalam lingkaran.
Mulai (15 detik)…..Stop.

12. Sekarang nomor terakhir, nomor 12. Perintahnya:
- Apabila angka-angka dari 1 sampai dengan 9 dapat dibagi dengan 2 buatlah garis dibawah angka 2, kecuali jika angka-angka tersebut tidak dapat dibagi 2 dalam hal ini buatlah tanda silang pada angka 1.
sumber:selayangpandang



        Itulah tadi artikel mengenai Contoh Tes Army Alpha dengan gambar dan instruksinya lengkap. Pastikan kalian selalu update informasi-informasi terbaru dari Blog Aku Anak Indonesia ya..

Terimakasih sudah berkunjung..semoga bermanfaat


Salam Sobat indonesia!

No comments:

Post a comment