BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Saturday, 1 September 2018

Fungsi Tanggung Jawab Warga Negara Dalam Proses Demokrasi


Fungsi Tanggung Jawab Warga Negara Dalam Proses Demokrasi

       Memilih dalam pemilu merupakan hak warga negara, memberikan satu suara itu adalah menyatakan suatu pikiran atau pilihan pendapat. Pelaksanaan hak dan kewajiban dalam demokrasi berdampak pada penyelenggaraan negara dan stabilitas politik bangsa. Untuk itu, demi kesinambungan penyelenggaraan sistem negara yang demokratis perlu dikembangkan sikap positif warga negara. Setiap warga negara Indonesia dituntut untuk menunjukan sikap positif dalam pengembangan nilai-nilai Demokrasi Pancasila.

•    Perwujudan sikap positif warga negara dalam pengembangan Demokrasi, di antaranya sebagai berikut :
  1. Melaksanakan hak pilih dan dipilih dalam pemilihan umum.
  2. Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan Republik Indonesia.
  3. Menyukseskan pemilihan umum yang jurdil dan luber.
  4. Melaksanakan pembangunan nasional.
  5. Bermusyawarah untuk mufakat dalam mengambil keputusan yang menyangkut kepentingan bersama.
  6. Saling mendukung dalam usaha pembelaan negara.
  7. Saling menghormati kebebasan dalam hidup beragama.
  8. Dalam menggunakan hak kebebasan mengemukakan pendapat, kita harus memegang prinsip bebas dan bertanggung jawab.


       Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, sejalan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip hukum internasional sebagaimana tercantum dalam Pasal 29 Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia, yang antara lain menetapkan sebagai berikut :
  1. Setiap orang memiliki kewajiban terhadap masyarakat yang memungkinkan pengembangan kepribadian secara bebas dan penuh.
  2. Dalam pelaksanaan hak kebebasan, setiap orang harus tunduk semata-mata pada pembatasan yang ditentukan oleh undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan dan penghargaan terhadap hak serta kebebasan orang lain, untuk memenuhi syarat-syarat yang adil bagi moralitas, ketertiban serta kesejahteraan umum dalam suatu masyarakat yang demokratis.
  3. Hak dan kebebasan ini sama sekali tidak boleh dijalankan secara bertentangan dengan tujuan dan asas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


       Di samping hak dan kewajiban, warga negara Indonesia memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan Demokrasi Pancasila. Tanggung jawab tersebut, diantaranya sebagai berikut :
  1. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab terhadap pelaksanaan Sistem Demokrasi Pancasila.
  2. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilihan umum secara langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil.
  3. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab atas pelaksanaan Hukum dan Pemerintahan Republik Indonesia.
  4. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab atas usaha pembelaan negara.
  5. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab atas pelaksaan hak-hak asasi manusia, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

       Itulah tadi artikel mengenai Fungsi Tanggung Jawab Warga Negara Dalam Proses Demokrasi.  Sekian artikel untuk kali ini. Pastikan kalian selalu update informasi - informasi terbaru di Blog Aku Anak Indonesia ya..
Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat..

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment