BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday, 5 September 2018

Macam - Macam Konektor Antena

        Hai teman - teman, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai  Macam - Macam Konektor Antena. Siapa sih yang hari ini masih menggunakan antena sebagai penerima signal untuk televisi dirumah?. Antena memang menjadi pilihan pertama bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan layanan saluran televisi secara gratis.

        Namun, dibalik itu semua, apakah anda tahu apa saja konektor antena ?. Konektor berguna untuk menghubungkan dua buah alat agar sesuai. Nah, tulisan dibawah akan menjelaskan kepada anda apa saja jenis konektor antena.


1.    N Connector
 
       N-Female biasanya terdapat pada sebuah antenna, spliter, booster, dll. Sedangkan N-Male biasanya terdapat pada sebuah pigtail (kabel jumper) agar dapat terhubung ke perangkat radio wireless.








 
2. RP-SMA Connector

       RP-SMA Female biasanya terdapat pada perangkat radio wireless pada umumnya dan melekat pada badan radio bagian belakang sederet dengan port LAN atau WAN yang berfungsi sebagai penghubung antara antenna dengan perangkat radio wireless. Sedangakan RP-SMA Male Biasanya terdapat pada antenna omni rubber duck (antenna bawaan radio wireless) dan pada sebuah kabel pigtail (kabel jumper).






3.  RP-TNC Connector

       RP-TNC pada dasarnya berfungsi sama dengan N-Connector. Biasanya RP-TNC Female terdapat pada perangkat radio wireless merk dan tipe tertentu seperti senao, linksys, dll.
 




4. MC Connector
 
       Konektor ini biasanya digunakan/terdapat pada perangkat WLAN PCMCIA laptop (berbentuk papan yang di sisipkan di samping body laptop). Nah bagi yang punya adapter wireless ini dan ingin menambahkan antenna external, silahkan ganti konektro RP-SMA pada pigtail antenna dengan konektor MC Male ini. Hanya saja MC Connector ini agak sulit di temui di pasaran.







       Itulah tadi artikel mengenai Macam - Macam Konektor Antena. Semoga informasi diatas bisa dijadikan referensi bagi anda untuk membuat powerpoint atau tugas tugas. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat..

Salam sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment