BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Thursday, 13 September 2018

Pemasangan Antena Parabola

       Hai teman - teman, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai Pemasangan Antena Parabola. Saat ini parabola sangat banyak digunakan di Indonesia, baik yang berbayar maupun yang gratis. Namun apakah kalian tahu bagaimana cara memasang antena parabola yang baik dan benar ?.

     Penjelasan dibawah ini akan membantu temen-temen untuk mengatasi masalah tersebut. Silahkan disimak ya..
  • PENDAHULUAN
       Antena parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi dan data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHF and SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik.
  • BAGIAN – BAGIAN PARABOLA(Komponen Utama)
1. DISH / PARABOLA


    Dish/ parabola adalah alat yang menyerupai payung yang di arahkan ke satelit untuk menangkap sinyal dari satelit.


2. LNB (low noise block)


    lnb adalah komponen penerima sinyal dari satelit yang telah di fokuskan dan dipantulkan oleh sebuah antena parabola. LNB berada di tengah parabola dan di tempatkan pada sebuah tiang (tiang focus) dan diletakkan pada sebuah dudukan (ring LNB). LNB ada beberapa jenis C BAND, KU BAND dan S BAND

3. RECEIVER


    Receiver adalah suatu alat yang digunaka untuk mengkonversi sinyal satelite yang diterima oleh LNB sehingga bisa menampilkan audio visual jika dihubungkan dengan televisi.

  • Komponen Pendukung

1. Kabel. 
       Kabel berfungsi untuk mengalirkan sinyal dari lnb ke receiver dan juga mengalirkan arus suplai voltase dari receiver ke lnb.

2. Switch.
       Hanya digunakan dalam pemasangan parabola 2 lnb atau lebih. Switch ini berguna untuk menyambungkan atau memutus arus dari receiver ke lnb yang diaktifkan. Kalau menggunakan switch, otomatis juga dibutuhkan kabel rakit (kabel pendek untuk menghubungkan lnb ke switch.

3. Pipa Tiang.
       Pipa tiang digunakan untung menyangga dish. Pipa ini harus terpasang kuat tidak boleh goyah sedikitpun.

4. Konektor.
       Konektor adalah alat untuk menghubungkan kabel ke slot-slot sambungan. Misalnya kabel ke receiver, switch dan lnb.


  • CARA PEMASANGAN ANTENA PARABOLA

 I. Alat yang dibutuhkan (penting dan jangan sampai tidak dimiliki)

    Obeng, Spana (kunci inggris) , Kunci pass buat mengencangkan mur dan baut, Magnetic Compass (penentu arah Barat dan Timur secara tepat) Water pass (lihat gambar) untuk pemasangan tiang supaya benar-benar tegak lurus.

II. Lokasi pemasangan

    Pasang antenna ditempat aman,  jauhkan benda-benda termasuk dedaunan  yang dapat menghalangi bidang pancaran satelit ke dish parabola anda (terutama pada bidang elevasi timur dan barat) biasanya antenna parabola dipasang di atas atap rumah.

III. Peralatan Antenna

    1. LNB C Band atau Ku Band
    2. Dish (parabola reflektor)
    3. Penyangga tiang yang dapat di setel.

IV. Cara Memasang
  1.  Tanamkan tiang penyangga/ dudukan dish/ antena parabola, tancapkan    tegak lurus dengan cara harus di lihat dari sudut yang berbeda juga. (pilih lokasi untuk menempatkan antena yang disekitarnya bebas dari halangan, tembok, pohon, dll yang bisa menghalang arah pencarian nantinya ).
  2. Letakkan dish/ antena parabola pada dudukan dish yang di pancangkan terlebih dahulu ( apabila anda menggunakan bahan semen pada dasar tiang berarti anda harus menunggu sampai semennya keras dan siap untuk di letakkan antenanya ). Usahakan posisi dish menghadap tegak lurus juga
  3. Sedikit kencangkan baut-baut penahan yang ada di pangkal antena yang di letakkan sesuai tahap 2 supaya bisa di gerak-gerakkan untuk mencari arah barat, utara juga kemiringan antena terhadap garis katulistiwa
  4. Pasangkan LNB pada antena dilanjutkan dengan memasangkan  konektor penghubung dari antena ke receiver.
  5. Hubungkan konektor dari antena ke receiver (hubungkan juga kabel dari receiver ke monitor tv)
  6.  Atur satelit/ parameter satelit, chanel yang akan kita cari, cari salah satu chanel untuk di jadikan acuan untuk mendapatkan chanel satelit yang akan kita tampilkan (pada kolom bagian atas itu untuk melihat kekuatan signal LNB, kolom di bawahnya untuk melihant kekuatan signal dari chanel yang akan kita cari).
  7. Ditahap ini anda sudah dibisa mencari chanel dengan melihat pada monitor anda, gerakkan ke kiri, kanan untuk mendapatkan arah Barat/ Timur yang merupakan arah orbit satelit, atas bawah sambil melihat pada kolom kualitas signal di monitor, cari setingannya sampai signal terkuat/ tertinggi di dapat, sambil mengencangkan baut-baut yang ada pada pangkal antena dan tongkat penyangga antena (arah barat ke timur), selanjutnya jika anda memiliki motor penggerak/ aktuator bisa langsung di pasangkan sehingga nantinya kendali untuk menaikkan dan menurunkan arah antena parabola langsung dari positioner atau bisa juga langsung dari receiver
  8. Atur : cari di menu receiver untuk menu scan otomatis/ auto scan, tunggu sampai semua chanel muncul, disini anda sudah bisa menikmati chanel gratis di rumah.


    Itulah tadi artikel mengenai Pemasangan Antena Parabola. Pastikan kalian selalu update informasi-informasi terbaru dari Blog Aku Anak Indonesia ya..

Terimakasih sudah berkunjung..semoga bermanfaat


Salam Sobat indonesia!

No comments:

Post a comment