BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday, 5 September 2018

Pengertian Set-top Box Lengkap : Cara kerja dan contohnya

       Hai teman - teman, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai Pengertian Set-top Box secara lengkap. Apa itu Set-top Box ?. Mungkin hal ini menjadi pertanyaan yang pertama kali ada dipikiran kalian. Secara mudahnya, Set-top Box merupakan suatu alat untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital. Namun apa pengertian set-top Box secara teori? dibawah ini akan dijelaskan pengertian set-top box secara lengkap.

 
  • Pengertian set-top box
       Dekoder (set-top box) adalah alat yang berisikan perangkat dekoder yang berguna untuk mengatur saluran televisi yang akan diterima, kemudian dipilih sesuai kebutuhan, dan juga dekoder akan memeriksa hak akses pengguna atas saluran tersebut, kemudian akan menghasilkan keluaran berupa gambar, suara, dan layanan lainnya.Dilihat dari bagaimana cara kerja dekoder ini yang bekerja satu arah dan juga dapat bekerja tanpa campur tangan manusia, dekoder dapat dikatakan sebagai salah satu perangkat teknologi informasi.

  • Cara kerja set-top box
       Prinsip kerja dekoder sebenarnya mirip dengan penerima sinyal televisi biasa yang sudah terdapat pada TV analog. Dekoder berguna juga untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke layar televisi analog atau perangkat layar analog lainnya. Dekoder biasanya digunakan di sistem kabel, satelit, IPTV ataupun TV digital terrestrial (melalui udara). Dalam penggunaannya biasanya dekoder memerlukan kartu akses dari penyedia layanan televisi digital yang bersangkutan, kartu ini berguna untuk menyaring saluran televisi yang diterima kemudian disesuaikan dengan tayangan yang penonton bayar. Untuk keberadaan saluran televisi yang ada, itu merupakan kebijakan dari penyedia layanan televisi berbayar, yang bisa saja berbeda antara satu dengan yang lain.

  • Macam-macam set-top box di Indonesia
1. Dekoder satelit
 
       Dekoder ini cukup banyak digunakan di masyarakat indonesia, dikarenakan hanya membutuhkan parabola penerima sinyal yang langsung dihubungkan dengan dekoder. Dekoder ini menerima sinyal jenis Digital Video Broadcast-Satellite (DVB-S). Dekoder ini dapat menyalurkan saluran televisi dari yang definisi standar (SD) hingga definisi tinggi (HD) dan juga dapat menyalurkan saluran televisi Siaran gratis, dan juga beberapa stasiun radio lokal maupun mancanegara.

2. Dekoder TV kabel
 
       Dekoder ini mulai populer dikarenakan sifatnya yang lebih stabil dari gangguan cuaca karena menggunakan kabel fiber optik yang ditanam di dalam tanah. Namun, hal ini juga yang menyebabkan penggunanya lebih sedikit daripada pengguna dekoder Satellite, karena saluran kabel untuk dekoder jenis ini belum banyak tersedia di wilayah Indonesia. Dekoder ini menggunakan sistem Digital Video Broadcast-Cable (DVB-C). Dekoder jenis ini dapat menerima saluran televisi yang sama dengan dekoder satelit, namun karena dekoder ini menggunakan kanal saluran yang sangat cepat, tersedia juga pilihan tayangan 3-Dimensi (3D)

3.Dekoder Internet

       Dekoder ini mengandalkan saluran internet dalam menayangkan siaran televisinya. Dekoder ini menggunakan sistem saluran televisi digital Digital Video Broadcast-Internet Protocol Television (DVB-IPTV). Dekoder jenis ini dapat memberikan tayangan yang lebih kaya dibanding dekoder sebelumnya, karena dekoder jenis ini memungkinkan adanya interaksi dalam menonton televisi, seperti adanya fitur Video on demand yang memungkinkan penonton dapat memilih tayangan yang ingin dilihat, dan dapat melihat tayangan yang sudah berlalu.

4. Dekoder terrestrial

       Dekoder ini bisa dibilang masih lebih muda dibanding dekoder yang lain. Dekoder ini menggunakan sistem Digital Video Broadcast-Terestrial (DVB-T) atau dengan kata lain, dekoder ini tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital. Dekoder ini cukup menggunakan antena televisi UHF-VHF. Penyedia layanan Televisi berlangganan yang menggunakan dekoder jenis ini adalah nexmedia.

5.Integrated Digital Television

       Selain dekoder yang berada di luar televisi, ada juga dekoder yang sudah sebagai perangkat keras di dalam televisi, atau lebih dikenal sebagai televisi digital yang terintegrasi (Integrated Digital Television / iDTV). Layaknya jenis dekoder Terestrial, dekoder ini menerima langsung sinyal televisi digital dari antena televisi. Perbedaan dari dekoder Terestrial adalah Televisi digital terintegrasi memiliki dekoder langsung di bagian televisinya, dan membuatnya lebih seperti televisi analog karena tidak dibutuhkan dekoder di luar bagian televisi.

  • Set top box kabel
Set Top Box Jenis Kabel DVB-C Firstmedia

  • Set Top Box Internet

Set Top Box Jenis IPTV Groovia

  • Set Top Box Teresterial
  

Set Top Box Jenis Terestrial DVB-T2



       Itulah tadi informasi mengenai Pengertian Set-top Box Lengkap : Cara kerja dan contohnya. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi untuk membeuat tugas Power Point atau yang lain. Terimakasih sudah berkunjung, Semoga bermanfaat

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a comment